Cegah Covid, MTQ Kab. Balangan Digelar di Enam Lokasi

 


(Paringin - Kemenag Balangan) - Untuk menjamin pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Kabupaten Balangan Ke-14 sesuai dengan penerapan protokol kesehatan, tim Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) akan melaksanakan pegelaran acara di enam lokasi berbeda.

 

MTQ yang akan digelar di Kecamatan Bantumandi pada 5 - 8 Maret 2021 tersebut tersebar dalam 6 titik lokasi yaitu SMKN 1 Batumandi, MTsN 2 Balangan, Mesjid Hamparaya, Mesjid Jami Batumandi, Langgar Batumandi dan Langgar Timbun Tulang.

 

Ketua Tim Kerja MTQ ke-14 Kab. Balangan Drs. H. Fahmi Wahid, M.MPd menyampaikan disebabkan ada enam lokasi perlombaan, maka nantinya cabang lomba akan dibagi dan diadakan di tempat yang sudah ditentukan.

 

"Pembukaan dan penutupan acara serta cabang tilawah diselenggarakan di MTsN 2 Balangan, untuk Tahfizh, Syarhil dan Khat di SMKN 1 Balangan, di Mesjid Hamparaya cabang Tahfizh 5,10, 20 juz, di Mesjid Jami Tahfizh 30 Juz dan tafsir, di Langgar Batu Mandi cabang Qira'at, serta di Langgar Timbun Tulang cabang Tartil," jelasnya pada Rabu (17/2/21) saat memberikan arahan dalam simulasi lomba MTQ di Aula Kantor Camat Bantumandi.

 

Selain dengan mengadakan acara di enam lokasi berbeda, upaya yang dilakukan untuk menjamin pelaksanaan MTQ di tengah pandemi tahun ini bisa berjalan dengan lancar adalah dengan mengumpulkan peserta per kecamatan saat cabang lomba diselenggarakan.

 

"Untuk mencegah kerumunan massa di tengah acara, jadwal peserta yang bertanding akan dibagi per kecamatan masing-masing. Lomba yang bisa diadakan per kecamatan adalah tilawah, tahfizh, tafsir dan hafalan juz. Sedangkan lomba lainnya yaitu qira'at, tartil, fahmil, khat, syarhil dan makalah peserta akan tetap dikumpulkan per lomba," tambah Fahmi.

 

Meski begitu Fahmi mengatakan ketentuan tersebut belum final karena hingga saat ini proses simulasi MTQ masing berlangsung.

 

"MTQ akan diselenggarakan mulai 5 Maret nanti. Kami sebagai Tim Kerja masih terus melakukan simulasi untuk menjamin acara bisa berlangsung dengan lancar dengan mengambil alternatif terbaik nantinya tentang bagaimana penyelenggaraan acara MTQ di tengah pandemi ini bisa tetap berlangsung sesuai protokol kesehatan 5M," tutupnya.

 

Teks: Uswah

Foto: Uswah


Related Posts

Post a Comment

0 Comments