Ka.Kankemenag: Sosialisasi Protokol Kesehatan Merupakan Bentuk Amaliyah


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan H. Muhammad Yamani menyatakan bahwa gerakan sosialisasi penerapan protokol kesehatan (prokes) kepada masyarakat bukan hanya demi melaksanakan sebuah instruksi, namun merupakan bentuk amaliyah demi kemaslahatan umat.

 

Saat memberikan arahan dalam acara rapat koordinasi penguatan prokes 5M, Muhammad Yamani mengungkapkan bahwa saat ini kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia kembali mengalami peningkatan. Karenanya peran serta seluruh karyawan dan ASN di lingkungan Kemenag Balangan dalam sosialisasi prokes diharap bisa membantu dalam menekan proses penularan COVID-19.

 

"Apabila kita terus menyampaikan dan menerapkan prokes setidaknya mulai dari diri kita sendiri, bayangkan, mungkin kita bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan COVID di indonesia. Bila hal ini bisa tercapai, maka tentu kegiatan kita yang sebelumnya tidak bisa terlaksana akan bisa dikerjakan seperti kondisi sebelum pandemi," paparnya pada Rabu (3/2/21).

 

Yamani memberi contoh nyata bagaimana kondisi pandemi sekarang menghalangi saudara setanah air khususnya para muslimin untuk melaksanakan ibadah haji. Karena kondisi pandemi di dalam negeri yang masih berkelanjutan, hingga sekarang jemaah haji Indonesia masih tidak diperbolehkan masuk ke Arab Saudi.

 

"Disinilah wujud peran amaliyah kita dengan terus mensosialisasikan penerapan prokes agar nantinya ibadah haji bisa kembali terlaksana. Kalau kondisi pandemi sudah membaik, saya bahkan berharap tahun ini jemaah kita bisa berangkat," ucapnya di hadapan para Kepala Sekolah, Pengawas, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) dan Penyuluh Agama yang hadir dalam acara rapat tersebut.

 

Yamani juga menekankan bahwa penerapan 5M merupakan usaha dan ikhtiar yang harus dilakukan untuk memutus rantai penyebaran dan menghilangkan virus COVID-19.

 

"Karena itu saya mengharapkan kerja sama kita semua. Insya Allah ini bernilai ibadah, tidak hanya melaksanakan kepatuhan tapi untuk kebaikan dan kemaslahatan umat manusia," tutupnya.

 

Teks: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments