Ka.Kankemenag: Tidak Hanya Cari Juara, MTQ Demi Tunjukkan Bakat Daerah


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan, H. Muhammad Yamani menyatakan pentingnya menunjukkan bakat putera puteri asli daerah saat pergelaran Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), bukan hanya sekedar menargetkan sebagai juara.

 

Pernyataan tersebut Muhammad Yamani sampaikan saat memberi arahan dalam acara rapat persiapan akhir pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten balangan di Gedung Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

 

"Meskipun hingga sekarang Kab. Balangan belum pernah menjadi juara umum dalam ajang MTQ, kita selama ini masih berpegang pada prinsip walaupun tidak mencapai prestasi memuaskan, tapi menggunakan peserta dalam daerah sendiri," terangnya pada Selasa (2/2/2021).

 

Yamani menambahkan tidak peduli appun hasil yang nantinya dicapai oleh peserta, pemerintah daerah harus tetap memberikan penghargaan kepada putera puteri daerah karena tidak peduli apapun hasilnya, mereka akan kembali ke banua.

 

"Lebih baik seperti itu daripada dapat prestasi, namun bukan putra daerah asli, sama saja artinya dengan tidak punya prestasi nyata. Insya Allah, kalau sudah sampai saatnya, apabila terus kita latih secara kontinyu, akan muncul bakat-bakat tersebut," tambahnya.

 

Lebih lanjut menurut Yamani, dengan menggunakan orang banua dalam ajang MTQ, hal ini bisa memberi motivasi dan semangat kepada generasi muda di daerah untuk terus mengasah bakat yang mereka miliki. Selain itu, apabila peserta berhasil memperoleh juara, kebanggan yang dirasakan tidak hanya akan berlangsung sewaktu acara, namun akan terus berkesan dan diingat pada tahun-tahun ke depan sebagai orang Kab. Balangan asli yang memenangkan ajang MTQ.

 

"Jangan sampai generasi muda daerah malah tidak bersemangat berlatih dengan alasan mereka tidak akan diikutkan juga dalam perlombaan MTQ nantinya," pungkasnya.

 

Terkait pelaksanaan MTQ di tengah kondisi pandemi, Yamani berpesan agar panitia tetap harus memperhatikan protokol kesehatan dalam pergelaran acara supaya tidak bermunculan kluster baru COVID-19 di acara MTQ nanti.

 

"Penerapan protokol kesehatan 5M jangan sampai kendor. Semoga cara MTQ bisa berjalan sesuai dengan yang sudah direncanakan dan kita senantiasa diberi kesehatan," tutupnya.

 

Teks: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments