Kasi Penmad: Guru Berperan Sebagai Teladan Dalam Penerapan 5M

 



 

Paringin (Kemenag Balangan) - "Tiap guru adalah teladan bagi para muridnya, termasuk dalam penerapan 5M," ungkap Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Balangan Harmainor, S.Pd.I, MM pada Senin (8/2/21).

 

Menurut Harmainor, setiap guru yang ada di madrasah memiliki peranan penting dalam mengajarkan protokol kesehatan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas dan interaksi) kepada para murid karena guru adalah sosok yang mereka hormati setelah orang tua.

 

"Guru adalah orang tua para murid saat berada di sekolah atau disaat jam pelajaran, karenanya diharapkan guru bisa mensosialisasikan kepada murid apa itu 5M dan mengapa itu harus dilaksanakan," tuturnya setelah mengikuti zoom meeting tentang Protokol Kesehatan 5M yang dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan di ruang kerjanya.

 

Selanjutnya Harmainor menyampaikan bahwa hingga saat ini masih banyak para murid yang kurang paham dengan kondisi COVID-19 yang ada di Indonesia. Mereka menganggap itu bukan hal yang nyata karena tidak terlihat dengan mata. Disinilah peran guru diharapkan bisa memahamkan para peserta didiknya tentang keseriusan pandemi yang kini masih terus berlangsung, termasuk di Kabupaten Balangan.

 

"Menurut data terbaru yang dilaporkan oleh Tim Satgas Kabupaten Balangan, ada 1.212 orang di Balangan yang positit COVID-19 dan 19 orang meninggal dunia. Dari data tersebut, para pendidik diharapkan bisa menyampaikan secara halus dengan bahasa yang dipahami para peserta didik tentang pentingnya penerapan 5M agar tidak ada orang terdekat yang mereka sayangi sampai terkenal covid," terangnya

 

Harmainor juga meminta para tenaga pendidik dan kepala sekolah di madrasah binaanya untuk membuat video beserta spanduk tentang penerapan 5M. "Gunakan bahasa dan gambar yang menarik sehingga peserta didik tergugah untuk memperagakannya. Akan lebih kreatif lagi bila ada madrasah yang bisa menciptakan lagu beserta gerakan tentang penerapan 5M yang mudah diingat anak didik dan bisa dipraktekkan bersama-sama," pungkasnya.

 

Teks: Uswah

Foto: Humas

Related Posts

Post a Comment

0 Comments