Pandemi Covid, Pemondokan Kafilah Ditiadakan

 



(Paringin - Kemenag Balangan) - Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Kabupaten Balangan ke-14 tinggal menghitung hari. Dalam rapat koordinasi tim kerja Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kab. Balangan yang diadakan di Aula Asy-Syura Kementerian Agama (Kemenag) Balangan diambil keputusan bahwa panitia tidak akan menyediakan pemondokan bagi kafilah peserta MTQ.

 

Keputusan tersebut diambil karena mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19 yang hingga kini masih berlangsung.

 

"Pada awalnya, ada rencana akan tetap melaksakan pemondokan bagi para kafilah. Namun karena sekarang kita berada di tengah situasi pandemi, akhirnya kami meniadakan opsi pemondokan demi mengurangi kerumunan," terang Husni, S.Pt. Camat Batumandi yang juga merangkap selaku Ketua Panita Pelaksana MTQ saat memberikan arahan kepada seluruh tim kerja pada Kamis (26/2/21).

 

Menurut Husni, apabila disediakan pemondokan, ada kemungkinan para kawan, kerabat dan keluarga kafilah akan datang mengunjungi lokasi rumah singgah sebagai bentuk pemberian dukungan. Hal itu tentu  tidak menjadi masalah pada pelaksanaan MTQ di tahun-tahun sebelumnya, namun akan menajdi hal yang mengkhawatirkan di tengah situasi pandemi sekarang.

 

"Saya tidak menginginkan timbulnya kluster baru saat MTQ berlangsung nanti. Mari kita bersama-sama berupaya mencegah penularan Covid-19 dengan meminimalisir interaksi dan kerumunan massa," jelasnya.

 

Saat ditanya tentang solusi  mengenai tempat peristirahatan bagi para kafilah yang berasal dari tempat jauh, Drs. H. Fahmi Wahid, M.MPd selaku Ketua Tim Kerja MTQ ke-14 Kab. Balangan yang juga berhadir dalam rapat tersebut menyarankan agar peserta bisa beristirahat di tempat keluarga atau saudara yang berada di dekat lokasi pegelaran MTQ.

 

"Kami harap kita semua bisa maklum terhadap kondisi pandemi seperti sekarang, jadi keputusan mengenai rumah singgah kami serahkan sepenuhnya kepada kafilah perwakilan dari kecamatan masing-masing untuk mengupayakannya," pungkasnya.

 

Seusai rapat, seluruh perwakilan tim MTQ dari tiap kecamatan yang berhadir mengambil nomor peserta untuk para kafilah secara acak sebagai nomor urut dalam pegelaran lomba MTQ yang akan di laksanakan pada tanggal 5 - 8 Maret 2021 di Kecamatan Batumandi nantinya.

 

Teks: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments