Pengumpulan Paspor Jamaah Haji 2021 Dimulai

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Meksipun pelaksanaan ibadah haji tahun 2021 belum bisa dipastikan sampai sekarang, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Balangan meminta seluruh calon jamaah haji (CJH) yang masuk kuota 2021 untuk kembali menyerahkan paspornya ke pihak Kantor Kemenag Balangan.

 

“Meskipun saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, proses untuk persiapan penyelengaraan ibadah haji 2021 tetap berjalan. Menindaklanjuti Surat Kepala Kanwil Kalsel tentang Penyelesaian Dokumen Jamaah Haji, sekarang kami meminta Calon Jamaah Haji (JCH) melakukan pengumpulan paspor untuk mengecek kesesuaian datanya," ungkap Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Rahmadi saat ditemui di ruangannya pada Senin (22/2/21).

 

Rahmadi menjelaskan bahwa data nama yang tercantum dalam paspor minimal harus terdiri dari 3 kata. Foto pada halaman ID paspor juga harus sama dengan paspoto pada lembar tanda bukti setoran pelunasan BPIH. Selain itu, data jemaah haji seperti nama, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir pada paspor harus sama dan sesuai dengan data yang terdapat pada lembar tanda bukti setoran pelunasan BPIH dan database SISKOHAT.

 

"Jika ada perbedaan maka akan kita lakukan perbaikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujarnya

 

Selanjutnya Rahmadi menambahkan bahwa paspor yang dikumpulkan juga harus dipastikan masih berlaku karena batas expired untuk paspor jamaah haji adalah 14 Januari 2022 ."Bagi jamaah yang paspornya habis masa berlakunya, kami mintakan untuk segera memperpanjang atau membuat paspor baru untuk dikumpulkan selambatnya tanggal 24 Februari 2021," ungkapnya.

 

Di Balangan, ada 178 CJH yang kembali masuk kuota ke Tanah Suci tahun ini sesuai dengan data lama yang seharusnya berangkat tahun 2020 kemarin. Meski hingga kini pelaksanaan haji 2021 belum jelas, Rahmadi tetap optimistis ibadah haji tahun ini bisa terlaksana.

 

“Karena masih kondisi pandemi, jemaah harus siap dan sabar jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, semacam pembatalan dan lainnya. Namun mari tetap berdoa dan berikhtiar, semoga masa pandemi Covid-19 ini segera berlalu sehingga semua aktivitas kembali normal, termasuk keberangkatan haji,” pungkasnya.

 

Teks: Uswah

Foto: Humas 

 

 

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments