Cabang MTQ Tanpa Juara Utama, Dewan Hakim: Tidak Ada Peserta yang Penuhi Syarat

 



Batumandi (Kemenag Balangan) - Berakhirnya ajang pagelaran Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-14 Tingkat Kabupaten Balangan tidak hanya mengundang tangis tawa bagi para peserta, namun juga menimbulkan beberapa pertanyaan terkait pengumuman pemenang seperti ditemuinya kasus cabang lomba tanpa ada juara pertama.

 

Salah satu cabang MTQ yang memutuskan tidak menunjuk siapapun untuk menjadi juara utama adalah lomba 30 Juz Tafsir Bahasa Inggris kategori Mufasirah.

 

Fauzan Ahsani Hamdi selaku dewan hakim untuk cabang 30 Juz Tafsir Bahasa Inggris menyampaikan bahwa keputusan ini diambil karena memang tidak ada satu peserta pun yang nilainya mencukupi untuk meraih peringkat pertama.

 

"Untuk penilaian 30 Juz tafsir Bahasa Inggris, ada dua bidang yang dinilai, yaitu tahfiz atau hafalan dan tafsir bahasa inggris itu sendiri. Untuk materi bahasa Inggris yang dinilai yaitu kemampuan tafsir, vocabulary, asbabun nuzul dan wawasan,” jelasnya saat ditemui seusai acara penutupan MTQ di MTsN 2 Balangan pada Senin (8/3/21).

 

Agar bisa maju ke tingkat provinsi, nilai minimal yang harus dicapai adalah 80.

 

“Apabila tidak ada peserta yang mencapai nilai minimum, maka kami sebagai dewan hakim akan memutuskan mencoret predikat juara pertama," tambah Fauzan.

 

Fauzan selanjutnya menambahkan bahwa dewan hakim tidak ingin memaksakan mengangkat nilai peserta demi mencapai nilai minimal dan menjadi juara pertama, karena dalam MTQ yang dicari bukanlah peserta dengan peringkat saja, namun dengan kualitas yang telah diakui oleh para dewan hakim.

 

"Kami tidak mau nantinya juara yang dikirim ke tingkat provinsi masih belum memenuhi syarat untuk bersaing sesuai standar. Tak mengapa tidak mengirim kafilah untuk setiap cabang, yang penting kemampuan mereka yang maju sudah tidak kami ragukan," pungkasnya.

 

Selain cabang Tafsir 30 Juz Bahasa Inggris kategori Mufasirah, cabang lomba MTQ Nasional ke-14 tingkat Kab. Balangan lain yang tidak menunjuk juara utama adalah Hafidz dan Hafidzah 30 Juz serta Tafsir Bahasa Arab 30 Juz Kategori Mufasir dan Mufasirah.

 

Teks: Uswah

Foto: Uswah

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments