Jelang Keberangkatan, Kafilah MTQ Kab. Balangan Lakukan Pengukuran Seragam

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Menjelang keberangkatan kafilah Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Kab. Balangan untuk bertanding di MTQ Tahun 2021 Tingkat Provinsi di Tanah Bumbu, para peserta, official dan pelatih melakukan pengukuran baju seragam pada Rabu (17/3/21) di Gedung Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

 

Pengukuran baju dilakukan untuk memastikan para peserta nantinya bisa tampil seragam saat mengikuti acara pembukaan, penutupan dan dikala bertanding.

 

Selain diadakan pengukuran baju seragam, para peserta juga mengikuti pengarahan teknis mengingat keberangkatan peserta yang tinggal menghitung hari.

 

"Acara MTQ di Tanah Bumbu akan diadakan selama 9 hari mulai tanggal 1 - 9 April 2021. Menurut rencana kita akan berangkat pada tanggal 1 April setelah sebelumnya diadakan pelepasan secara langsung oleh Bupati Balangan di Kantor Pemerintah Daerah," ujar Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Albani Abbas saat memberikan pengarahan.

 

Albani menambahkan bahwa alat transportasi yang digunakan untukpara kafilah adalah 2 buah bus serta beberapa buah mobil pengiring kecil bagi para official dan pelatih.

 

"Kita akan berangkat lewat Jalur Pelaihari. Walaupun memakan waktu perjalanan lebih lama, yang penting aman dan tidak merasa was-was saat di jalan," tambahnya.

 

H. Fahmi Wahid selaku Sekretaris Umum selanjutnya meminta kepada para peserta untuk menggunakan waktu yang tersisa sebelum pertandingan untuk berlatih dengan sungguh-sungguh.

 

"Gunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Apabila maqra sudah diterima, bacalah di setiap waktu dengan dijadikan wirid sehingga mental menjadi kuat. Kebanyakan peserta yang salah atau terbata-bata saat membaca Al-Qur'an adalah karena mentalnya belum kuat karena kurang berlatih," tuturnya.

 

Fahmi juga meminta para peserta agar menyediakan pakaian secukupnya karena acara akan berlangsung cukup lama yaitu 9 hari.

 

"Jadi coba diperkirakan apa saja keperluan yang harus dibawa saat acara nanti agar tidak menjadi masalah kecil yang menimbulkan ketidaknyamanan saat bertanding," ujarnya.

 

Di akhir pengarahan, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Muhammad Yamani, M.Pd.I meminta agara para kafilah tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam acara nanti mengingat kondisi pandemi yang belum menunjukkan tanda-tanda penurunan.

 

"Di acara nanti, kita akan bertemu dengan orang-orang dari segenap penjuru,kabupaten dan kota, bahkan dari luar daerah. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, tetap lakukan prokes 5M sebaik-baiknya dan jangan lupa, gunakan selalu masker serta hand sanitizer," pungkasnya.

 

Teks: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments