Kabid Penaiszawa Harap Penyuluh Agama Bisa Baca Kitab Kuning


 

Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Kalsel H. Fakhrudin MA menuturkan bahwa seorang penghulu diharapkan memiliki kemampuan agama yang mumpuni, termasuk dalam penguasaan dan kemampuan membaca kitab kuning.

 

Saat melakukan monitoring dan pembinaan kepegawaian bagi penyuluh agama Kemenag Balangan di Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan, Fakhrudin menuturkan bahwa hal tersebut penting demi meningkatkan kapasitas masing-masing Penyuluh agar dalam menjalankan tugasnya dimasyarakat dapat memberikan pelayanan yang terbaik.

 

“Ini dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas penyuluh yang dipandang memiliki pengetahuan agama lebih di masyarakat,” ucapnya pada Selasa (2/3/21).

 

Fakhrudin juga memberikan apresiasi tinggi kepada Kemenag dan Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Balangan yang telah menandatangani nota kesepahaman (MOU) dengan Polres Balangan terkait pengadaan pengajian kitab kuning bagi personil di lingkungan polres dan polsek Balangan.

 

"Hal ini akan kita sampaikan ke Bimas Islam nantinya agar bisa menjadi motivasi bagi para penyuluh lainnya untuk terus meningkatkan kemampuan dengan belajar dari teks aslinya, baik itu kitab kuning maupun kitab gundul," tegasnya.

 

Selanjutnya Fakhrudin berharap di tengah kondisi pandemi sekarang, penyuluh agama tidak perhenti dan tetap bisa aktif mensosialisasikan dan mengedukasikan kepada masyarakat tentang protocol kesehatan 5M agar kegiatan gama bisa berjalan dengan baik.

 

"Dalam situasi kondisi seperti ini, kita tidak boleh surut dan lengah dalam berdakwah dan menyampaikan syiar agama dan syiar Al-Qur'an agar masyarakat bisa sejahtera, aman dan damai lahir dan batin," pungkasnya.

 

Sementara Kepala Kantor Kemenag Balangan Drs. H. Muhammad Yamani, M.MPd. yang berhadir memberikan sambutan berharap agar dengan mengikuti pembinaan ini, para penyuluh agama bisa memperoleh ilmu pengetahuan demi meningkatkan pelaksanaan tugas sebagai karyawan kemenag maupun dalam rangka pengembangan tilawatil quran di lingkungan Kemenag Balangan.

 

Teks: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments