Ka.Kankemenag Balangan: Manasik Haji Bentuk Pembinaan Krusial Bagi para CJH

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankeemnag) Kabupaten Balangan Drs. H. Muhammad Yamani, M.Pd.I menyampaikan bahwa manasik haji merupakan salah satu bentuk pembinaan penting yang harus dilakukan kepada para calon jemaah haji oleh Kemenag Agama melalui seksi Penyelenggaran Haji Umrah (PHU) mengingat Kemenag menerima amanat langsung dari pemerintah tentang penyelenggaraan haji melalui Undang-Undang Perhajian.

 

Saat memberikan arahan dalam acara Rapat Persiapan Pelaksanaan Manasik Online Jamaah Haji Kab. Balangan Tahun 1442 H di Aula Asy Syura Kemenag Balangan pada Senin (22/3/21), Muhammad Yamani menuturkan bahwa ada tiga princip yang harus dilaksanakan oleh Kemenag kepada para jemaah calon haji, yaitu pemberian pelayanan, pembinaan dan perlindungan kepada jemaah Haji.

 

"Pemberian pelayanan dilakukan saat jemaah haji melakukan pendaftaran, pembinaan diadakan dalam bentuk pelaksanaan manasik haji, dan perlindungan jamaah diberikan dalam hal keamanan dan perlindungan secara fisik, semenjak dari keberangkatan hingga kembalinya jemaah," jelasnya panjang lebar dihadapan para Kepala Kantor Urusan Agama dan perwakilan calon jamaah haji yang berhadir.

 

Yamani menambahkan mengingat kondisi pandemi yang hingga kini terus berlangsung, maka manasik haji yang biasanya diselenggarakan secara tatap muka, tahun ini akan digelar secara online.

 

"Meskipun kabar keberangkatan belum pasti dan masih menunggu keputusan dari pemerintah Arab Saudi, kita harus tetap melakukan persiapan yang matang, termasuk dalam hal penyelenggaraan manasik haji," tegasnya.

 

Rahmadi selaku Kepala Seksi (Kasi) PHU menyaampaikan bahwa persiapan manasik online akan dipusatkan di Kemenag Balangan yang kemudian direlay melalui zoom meeting dan disampaikan kepada para pengurus di Kantor Urusan Agama di tiap Kecamatan.

 

"Untuk memudahkan pelaksanaan, kami membagi jemaah menjadi 3 kelompok: kelompok pertama jemaah Kec. Paringin sebanyak 90 orang, kelompok kedua dari Kec. Juai dan Kec. Halong 43 orang, dan kelompok ketiga dari Kec. Awayan, Kec. Paringin Selatan dan Kec. Batu Mandi sebanyak 67 orang," jelasnya.

 

Bagi jemaah yang tidak memiliki handphone android dan laptop selanjutnya akan difasilitasi supaya dapat berhadir di titik pusat yaitu Kantor Kemenag Balangan.

 

"Manasik haji akan digelar 3 hari. Untuk tanggal pelaksanan Manasik Haji Online, kami masih menunggu instruksi dari Kanwil Kemenag Daerah Kalsel agar disampaikan kepada para jemaah untuk menyiapkan diri sesuai jadwal yang telah ditentukan," tutup Rahmadi.

 

Teks: Uswah

Foto: Arya

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments