Ka.Kankemenag Balangan Salurkan Bantuan Alat Kesehatan Bagi Pondok Pesantren

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Muhammad Yamani, M.Pd.I menyerahkan bantuan berupa alat kesehatan kepada lima pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Balangan pada Kamis (18/3/21).

 

Bantuan tersebut diserahkan seusai acara pengarahan dengan tema Santri Terdepan dalam Menangkal Radikalisme dan Terorisme di Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan.

 

Saat memberikan arahan, Yamani menyampaikan bahwa pondok pesantren berperan penting sebagai benteng umat dari paham-paham radikal yang berkembang di masyarakat.

 

"Ponpes berpartisipasi dalam mengawal umat agar suasana keagamaan senantiasa berlangsung kondusif, dan saya yakin tidak ada ponpes di Balangan yang mengajarkan kekerasan,"  ujarnya.

 

Menurut Yamani, ciri ponpes yang menanamkan paham radikalisme adalah pelaksanaan pengajaran yang tertutup sehingga tidak menerima orang atau media untuk datang berkunjung.

 

"Ponpes tersebut tertutup karena takut diketahui orang dan akan dibubarkan," jelasnya.

 

Yamani juga meminta para santri menyampaikan pesan pemerintah dengan bahasa pesantren kepada masyarakat karena santri bisa berhubungan langsung dengan masyarakat tanpa batasan dan terikat keprotokolan.

 

"Mari kita tanamkan pemahaman yang benar kepada santri dan selalu bersinergi terhadap apa yang menjadi kebijakan pemerintah selama itu tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam," pintanya.

 

Syaiful Anwar selaku Pelaksana Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) menuturkan ada lima bantuan alat kesehatan yang diberikan.

 

"Untuk tiap pondok pesantren, bantuan yang diserahkan berupa hand sanitizer 500 pcs, Vitamin C sebanyak 60 boc, masker kain 1500 pcs, tangkis disinfektan 5 unit dan tablet disinfektan 5 paket," ujarnya.

 

Mengenai sumber bantuan, Syaiful Anwar menuturkan bahwa pihak donatur tidak ingin namanya disebutkan sehingga proses penyaluran bantuan diserahkan sepenuhnya kepada pihak Kemenag Balangan.

 

"Semoga apa yang diberikan oleh donatur bernilai pahala dan ibadah serta diterima di sisi Allah SWT," tutupnya.

 

Rep/Ft: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments