Keberangkatan Masih Menggantung, CJH Balangan Tetap Jalani Manasik Secara Online

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Ditengah masih menggantungnya nasib keberangkatan Calon jemaah haji (CJH) Indoensia Tahun 2021 M, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) tetap sigap menyiapkan segala persiapan keberangkatan CJH, termasuk pelaksanaan manasik haji. CJH Kab. Balangan juga tidak ketinggalan ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan manasik haji. Mengingat kondisi pandemi Covid-19, manasik tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang biasanya diselenggarakan secara tatap muka, kini digelar secara online.

 

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Rahmadi yang memberikan materi bimbingan manasik secara online melalui zoom meeting pada Senin (29/3/21) menyampaikan bahwa pelaksanaan manasik haji akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 29 s.d 31 April 2021. Terlepas dari berangkat atau tidaknya jemaah tahun ini, manasik haji akan tetap diadakan meskipun secara online.

 

"Kami ingin para calon jemaah haji Kab. Balangan tetap bisa mendapatkan informasi terkait tata cara berhaji secara akurat melalui materi yang telah dipersiapkan oleh pakarnya," ujarnya saat ditemui di ruangannya.

 

Rahmadi juga menambahakn dengan diadakannya zoom meeting, CJH bisa bertanya langsung kepada pihak PHU Kemenag Balangan apabila ada hal yang kurang jelas terkait proses pelaksanaan manasih haji. "Tanyakan langsung ke kami. Jangan malah kumpul-kumpul satu kecamatan di ruang tertutup karena kalau itu dilakukan, maka sia-sia saja zoom meeting ini dilaksanakan secara daring," tambahnya.

 

Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Muhammad Yamani yang juga berhadir memberikan materi mengapresiasi pelaksanaan manasik online yang merupakan bentuk praktis di tengah kondisi pandemi sekarang.

 

"Kali ini saya diberi kesempatan untuk menyampaikan materi terkait kebijakan pemerintah daerah (Pemda) Kab. Balangan dalam penyelenggaraan ibadah haji bagi CJH. Sudah saya sampaikan tadi bahwa Pemda sanga memperhatikan CJH kita dengan memfasilitasi transportasi bagi para CJH," ucapnya ditemui selepas memberikan arahan di Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan.

 

Yamani selanjutnya mengatakan bahwa dalam hal penyediaan transportasi, pemda akan mengantar keberangkatan jemaah dari daerah ke embarkasi, kemudian pulang debarkasi dari daerah juga akan difasilitasi oleh pemda.

 

"Dengan Kebijakan pemda, semoga jemaah haji lebih fokus menyiapkan segala sesuatunya sehingga bila ada pengumuman dari Arab Saudi tahun ini, kita telah siap dan bisa berangkat kapan saja," tutupnya.

 

Teks: Uswah

Foto; Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments