Kemenag Balangan Gelar Vaksinasi Calon Jamaah Haji Lansia

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Sebagai bentuk salah satu persiapan menjelang keberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) Kab. Balangan, CJH secara bertahap mulai mendapatkan vaksinasi Covid-19. Pada tahap awal, pelaksanaan vaksinasi diperuntukkan bagi jemaah yang masuk kategori lanjut usia (lansia) yang diselenggarakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kab. Balangan pada Sabtu (27/03/21).

 

Sesuai dengan instruksi Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Kalsel, Kemenag di setiap Kabupaten melalui PHU diminta melaporkan progres pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 CJG Lansia. Selanjutnya berdasarkan surat edaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dinas Kesehatan Kabupaten diminta untuk melakukan vaksin bagi CJH kelompok lansia di wilayah masing-masing. Sebagai bentuk tindak lanjut, Kemenag Balangan berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kab. Balangan melakukan vaksin Covid-19 bagi CJH lansia.

 

"Ada 51 jemaah haji lansia tahun ini yang dijadwalkan untuk berangkat sehingga mereka juga akan mendapatkan prioritas vaksin Covid-19. Sebelumnya ada 8 jemaah lansia yang sudah menerima vaksin di puskesmas kecamatan asal masing-masing dan tidak perlu divaksin lagi, sehingga untuk total jemaah lansia yang mengikuti vaksin di RSUD Balangan berjumlah 43 orang," ujar Abdul Hakim, Staf PHU Kab. Balangan.

 

Kepala Kemenag Balangan Drs. H. Muhammad Yamani, M.Pd.I menyampaikan bahwa dengan adanya vaksinasi ini, bukan berarti pelaksanaan haji bisa dilaksanakan tahun 2021 ini, tetapi masih tetap menunggu keputusan pemerintah secara tertulis.

 

"Tujuan utama pelaksanaan vaksinasi ini adalah untuk mensukseskan program pemerintah dan menjaga kesehatan para CHJ Lansia serta sebagai antisipasi pelaksanaan ibadah haji. Sedangkan terkait dengan pelaksanaan ibadah haji tahun 2021 ini, kita masih menunggu keputusan resmi dari pemerintah," tegasnya.

 

Untuk syarat mengikuti vaksin adalah membawa fotokopy KTP dan bukti pelunasan pembayaran setoran haji. Para jemaah yang datang diminta pengertiannya untuk mengantri sesuai aturan dan menerapkan protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun serta menjaga jarak

 

"Semoga kegiatan ini bisa menjadi salah satu ikhtiar dalam upaya menekan penyebaran virus COVID-19 menuju Indonesia bebas COVID-19," tutup Yamani.

 

Teks: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments