Kemenag Balangan Siap Dukung Pendataan Keluarga Tahun 2021

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Muhammad Yamani menuturkan bahwa seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkungan Kemenag Balangan siap mendukung dan ikut berpartisipasi dalam program Pendataan Keluarga Tahun 2021.

 

Muhammad Yamani menyampaikan bahwa Pendataan Keluarga yang dilaksanakan setiap 5 Tahun sekali oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tersebut akan mengambil berbagai aspek dalam mengukur taraf kondisi masyarakat, sehingga diharapkan dapat memberikan gambaran kondisi pembangunan keluarga secara detail selama 5 tahun terakhir.

 

"Seharusnya Pendataan Keluarga diadakan pada tahun 2020, namun akhirnya diundur dan dilaksanakan pada tahun ini karena kondisi pandemi Covid-19," jelas Muhammad Yamani saat ditemui di ruangannya pada Selasa (24/3/21).

 

Selanjutnya menurut Yamani, ada dua metode yang akan digunakan dalam Pendataan Keluarga Tahun 2021, yaitu metode Paper Based (formulir pendataan) dan smartphone (pendataan online).

 

"Ini dilakukan supaya data yang diperoleh dari keluarga langsung tersimpan di database PK pusat dan menekan human error dalam pendataan sehingga diharapkan hasilnya menjadi lebih valid," jelasnya.

 

Selain data berupa kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga, Muhammad Yamani menuturkan bahwa pendataan kali ini juga akan memuat informasi tentang keluarga yang berisiko Stunting.

 

"Stunting adalah gagal tumbuh akibat kekurangan gizi yang terjadi selama periode paling awal pertumbuhan dan perkembangan anak. Melalui Pendataan Keluarga, semoga BKKBN bisa menjadi leading sektor penanganan stunding dengan memberikan program tepat sasaran bagi balita stunting," harapnya.

 

Sebagai wujud dukungan program Pendataan Keluarga Tahun 2021, Muhammad Yamani membuat surat edaran yang meminta tiap Kantor Urusan Agama di Kab. Balangan memasang spanduk tentang informasi Pendataan Keluarga di depan kantor masing-masing.

 

"Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, semoga pendataan keluarga yang berlangsung mulai 1 April sampai 31 Mei 2021 bisa berjalan dengan lancar," tutupnya.

 

Teks: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments