Ketua LPTQ: Sebelum ke Tanbu, Kafilah MTQ Balangan Wajib Di-Rapid

 



Paringin (Kemenag Balangan) - "Seluruh peserta Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Kab.Balangan yang berangkah ke Tanah Bumbu harus dites rapid antigen," tutur Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kab. Balangan H. Albani Abbas saat ditemui di depan ruang PTSP Kantor Kemenag Balangan pada Rabu (24/3/21).

 

Saat ditemui usai mengikuti Rapat koordinasi terkait penerapan Protokol Kesehatan pada pelaksanaan MTQ XXXIII Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021 di Kab. Tanah Bumbu melalui zoom meeting, Albani yang juga merangkap sebagai Ketua Umum Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Balangan menyampaikan bahwa Pj. Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA berpesan agar pelaksanaan gelaran MTQ nantinya benar-benar mengikuti protokol kesehatan.

 

"Gubernur mengatakan bahwa seluruh peserta rombongan MTQ tiap kabupaten termasuk kafilah, pimpinan kafilah, pendamping, pelatih, anggota kesekretariatan dan official harus melakukan rapid antigen di kabupaten masing-masing sebelum memasuki kabupaten Tanah Bumbu," jelasnya panjang lebar.

 

Selain itu, Abbani menerangkan bahwa Gubernur juga berpesan agar para kafilah menjaga makanan agar tidak kontak langsung dengan cairan tubuh peserta lain. "Jadi nanti tidak akan disediakan makanan prasmanan, namun nasi kotak saja," terangnya.

 

Selanjutnya menurut Yamani, Gubernur menginstruksikan agar peserta MTQ dijadwalkan untuk bertanding per kabupaten demi menghindari kerumunan dan berkumpul dengan peserta dari kabupaten yang berbeda.

 

"Mengingat sekarang kondisi pandemi Covid-19 masih berlangsung, kita harus benar-benar berhati-hati terkait keramaian karena kondisi yang rawan menimbulkan kluster penyebaran covid baru. Kita tidak ingin hal itu terjadi," ujarnya.

 

Terkait rapid test, Albani menyampaikan bahwa selanjutnya akan dilakukan koordinasi dengan Bupati Balangan beserta Kepala Dinas Kab. Balangan tentang bagaimana teknis penyelenggaraan rapid antigen test nantinya.

 

"Mari terus berdoa agar kita senantiasa diberi kesehatan sehingga seluruh peserta rombongan kafilah bisa memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan panitia pelaksana MTQ," harapnya.

 

Teks: Uswah

Foto: Arya

Related Posts

Post a Comment

0 Comments