Belajar dari India, Ka.Kankemenag Balangan Harap Penerapan Prokes Jangan Kendor

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Muhammad Yamani menyatakan keprihatinannya atas musibah yang saat ini tengah melanda negara India terkait meningkatnya jumlah kasus Covid-19 serta naiknya angka kematian akibat pandemi tersebut.

 

Saat ditemui di ruangannya pada Jum'at (30/4/21) ,menurut Muhammad Yamani musibah seperti ini sebenarnya bisa dicegah apabila penerapan protokol kesehatan (prokes) tidak diabaikan, apalagi apabila mengingat jumlah masyarakat India yang sudah di vaksin masih belum 100%.

 

"Bahkan meski sudah di vaksin sekalipun, buka berarti kita lengah dan mengabaikan prokes. Vaksin jalan, prokes tetap dilaksanakan. Daripada mengambil resiko, lebih baik berhati-hati," ujarnya menuturkan pendapat.

 

Yamani selanjutnya mengatakan bahwa kondisi Indonesia sekarang juga cukup rawan mengingat Idul Fitri yang tinggal menghitung hari. Yamani tidak ingin situasi yang ada di India terulang di Indonesia akibat kelalaian atau mengindahkan himbauan pemerintah terkait larangan mudik.

 

"Menjelang Idul Fitri, penerapan prokes semakin kita perketat dan jangan sampai kendor. Penting sekali untuk tetap memakai masker dan mencuci tangan apabila berada di tempat umum. Dan pastikan juga jangan berada di tempat kerumunan atau sampai berdesak-desakan karena di tempat seperti itulah virus Covid-19 semakin cepat menyebar," tambahnya.

 

Situasi di India cukup memprihatinkan, sehingga banyak pihak yang merasa khawatir kejadian itu akan terulang di negara-negara lainnya termasuk Indonesia. Terkait hal tersebut, Yamani berharap jangan sampai masyarakat termakan isu yang membuat kegelisahan semakin meningkat, dan meminta masyarakat melihat fenomena ini dari sisi lain.

 

"Jangan hanya bercermin dari negara India, coba tengok ke sebelah sedikit, ke negara asal Covid-19 berasal, yaitu China. Sekarang kondisi di China sudah mulai kondusif dan aktifitas juga mulai berangsur pulih. Artinya adalah prokes yang kita yakini selama ini  merupakan ikhtiar yang membuahkan hasil. Karenanya saya harap jangan pernah abaikan penerapan prokes, dan jalani vaksin apabila telah tiba masanya. Insya Allah, seperti China pula, semoga kondisi di negara kita bisa kembali pulih dan angka penularan Covid juga menurun," pungkasnya.

 

Teks: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments