Bulan Ramadhan, Jumlah Kasus Covid-19 Tidak Mengalami Peningkatan

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Jumlah Pemantauan Kasus Covid-19 di Kabupaten Balangan selama Bulan Ramadhan 1442 H/2021 Mtidak mengalami peningkatan, bahkan cederung mengalami penurunan.

 

Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Muhammad Yamani, M.Pd.I menyampaikan bahwa beradasarkan laporan yang terakhir diterima dari Tim Satgas Covid Kab. Balangan, jumlah pasien positif aktif Covid-19 di Kabupaten Balangan tercatat sebanyak 27 orang.

 

"Laporan pemantauan kasus Covid-19 per tanggal 12 April 2021, satu hari sebelum bulan Ramadhan, jumlah kasus positif aktiv Covid-19 sejumlah 49 orang. Sementara berdasarkan laporan per tanggal 23 April 2021, jumlah kasus Covid-19 di Balangan sebanyak 27 kasus," jelasnya saat ditemui di ruangannya pada Kamis (29/4/21).

 

Menurut Muhammad Yamani, penurunan kasus Covid-19 di bulan Ramadhan patut disyukuri karena di awal bulan puasa memang sudah banyak edaran yang dikeluarkan baik itu pemerintah pusat maupun dari pemerintah daerah terkait aturan pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan demi memastikan tidak akan ada kluster baru Covid-19 di tengah suasana ibadah masyarakat.

 

"Berarti memang masyarakat kita sudah mulai paham pentingnya prokes dan menerapkannya saat beribadah di tempat umum. Selain itu, kita harus yakin bahwa shalat tarawih yang dilaksanakan merupakan bentuk ibadah, sehingga insya Allah terhindar dari virus Covid. Dan niat itu juga harus dibarengi dengan ikhtiar berupa penerapan prokes, seminimalnya yaitu memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak," tambahnya.

 

Yamani terakhir berharap menjelang perayaan Idul Fitri, situasi Covid-19 tetap bisa dikontrol sehingga tidak terjadi perlonjakan kasus Covid di daerah. "Upaya ini bisa dicapai dengan koordinasi yang baik antara masyarakat dan pemerintah daerah. Mohon kerjasamanya agar Idul Fitri tahun ini bisa perlangsung secara aman," pungkasnya.

 

Teks: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments