Galakkan Wawasan Kebangsaan, Kemenag Balangan Gelar Diklat

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Sebagai upaya meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional dan berwawasan kebangsaan, Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin mengadakan pelatihan Wawasan Kebangsaan di wilayah kerja Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Balangan.

 

Plh. Kepala Kemenag Balangan Drs.H. Wahid Noor Fajeri yang membuka acara perlatihan tersebut pada Senin (5/4/21) di ruang gedung Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) menuturkan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membekali tentang wawasan kebangsaan agar nanti bisa dipraktekkan dan disampaikan kembali kepada masyarakat untuk bisa mensinergikan agama dan negara.

 

"Negara kita adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila. Sila pertama berupa ketuhanan, menunjukkan bahwa agama memiliki peran penting dalam negara. Namun negara tidak sebatas agama. Disinilah pentingnya kita mengikuti pelatihan ini untuk mengayakan pemahaman tentang wawasan kebangsaan dan memadukan dengan pemahanan keagamaan untuk disebarkan kepada ASN dan masyarakat secara umum," ujarnya kepada Kepala KUA, penghulu, dan penyuluh agama yang berhadir sebagai peserta.

 

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan H. Zarkasi, S.Ag., M.A.P saat menyampaikan laporannya mengatakan bahwa diklat akan digelar selama 6 hari mulai tanggal 5 s.d 10 April 2021 dan diikuti oleh 30 orang tenaga keagamaan yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidangnya.

 

"Penilaikan akhir terhadap peserta nanti yaitu sikap terdiri dari unsur disiplin, tanggung jawab, ekati dan dan prakarsa; aspek pengetahuan yaitu ujian dan pemahaman materi; serta keterampilan terdiri dari Rencana Tindak Lanjut dan tugas-tugas selama pembelajaran," tambahnya.

 

Selanjutnya H. Yasir Arafat, M.Pd, Widaiswara dari Balai Diklat menyampaikan bahwa tujuan dari diklat ini adalah untuk membekali peserta tentang pelayanan dan tugas keagamaan, untuk melihat dan mempraktekkan nilai-nilai kebangsaan, serta memberikan pemahaman yang bersinergi tentang wawasan kebangsaan berupa nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

 

"Semoga pelatihan ini bisa memberikan pencerahan kepada para peserta terutama berkenaan dengan wawasan kebangsaan yang selama ini sudah menggaung untuk digalakkan kembali," harapnya.

 

Teks: Uswah

Foto: Humas

Related Posts

Post a Comment

0 Comments