Ka.Kankemenag Balangan: Musrenbang Wadah Diskusi Demi Penyusunan Rencana Pembangunan Daerah

 



Paringin (Kemenag Balangan) Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kab. Balangan Drs. H. Muhammad Yamani, M.Pd.I berharap melalui kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dapat menghasilakn keputusan dan kesimpulan yang memenuhi target dan sasaran serta bermanfaat bagi wilayah Kab.Balangan.

 

Saat didampuk sebagai pembaca doa dalam acara Musrenbang Tahun 2021 Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kab. Balangan Tahun 2022 di Aula Bupati Benteng Tundakan pada Selasa (20/4/21), Muhammad Yamani menyampaikan bahwa penyusunan rencana pembangunan bukanlah hal yang mudah dan bisa diselesaikan oleh satu pihak, namun diperlukan koordinasi dari berbagai pemangku jabatan dan pejabat daerah yang memegang wewenang.

 

"Apalagi menurut yang disampaikan Pjs. Kepala Bappeda Balangan, asumsi pendapatan daerah tahun 2022 menunjukkan penurunan, terutama pada DBH Royalti hasil tambang. Dengan penurunan tersebut, mungkin akan pembangunan yang terhambat karenanya harus didiskusikan dengan jelas mana pembangunan yang harus diprioritaskan," ujarnya.

 

Yamani kemudian menyampaikan bahwa satu wujud usaha ikut peduli dalam pembangunan daerah adalah dengan membelanjakan pendapatan yang diperoleh kepada para produsen dan pedagang yang berdomisili di Kab. Balangan untuk memastikan perputaran keuangan daerah tumbuh sehat.

 

"Mari kita bersama ikut dalam proses pembangunan daerah berdasarkan peran masing-masing demi kesejahteraan bersama," pungkasnya.

 

Sementara itu, Bupati Balangan H. Abdul Hadi menurutkan begitu besar keinginannya untuk percepatan dalam membangun balangan, namun permasalahan dan kendala yang dihadapi juga cukup besar.

 

"Sedikit demi sedikit akan diperbaiki infrastruktur daerah, terutama dalam hal pembangunan jalan. Masyarakat kita punya pikiran sederhana, selama jalanan bagus, artinya pembangunan berhasil. Walaupun gedung pemerintahan dibangun semegah-megahnya, tidah berpengaruh besar kepada masyarakat karena mereka juga jarang-jarang atau bahkan tidak akan menginjak dan masuk ke gedung tersebut," ujar orang nomor satu di kab. Balangan tersebut memberi contoh.

 

Oleh karena itu Abdul Hadi mengatakan bahwa Pemerintah Kab. Balangan berkomitmen untuk terus meningkatkan capaian kinerja pembangunan.

 

"Mari manfaatkan forum Musrenbang seoptimal mungkin dengan memberikan masukan dan informasi sehingga diperoleh rumusan positif mencerminkan kebutuhan riil masyarakat," pungkasnya.

 

Teks: Uswah 

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments