Masuk Lokasi MTQ, Kafilah Kab. Balangan Lakukan Verifikasi Berkas Kesehatan

 



Batulicin (Kemenag Balangan) - Rombongan kafilah Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Kab. Balangan yang bertanding untuk mengikuti MTQ Nasional Ke-33 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Tanah Bumbu segera diminta untuk melakukan screening dan verifikais ulang terkait keabsahan data swab PCR Covid-19 setibanya di kota gerbang Tanah Bumbu di Sungai Danau pada Jumat (4/2/21) dini hari.

 

Verifikasi ulang tersebut dilakukan demi memastikan seluruh peserta rombongan yang datang benar-benar telah mengikuti swab antigen dengan hasil dinyatakan negatif. "Kami juga memastikan bahwa nama peserta dan nama yang tertera di hasil swab adalah sama dengan meminta peserta menyebutkan tanggal lahir pribadi mereka," ujar salah satu petugas kesehatan yang memverifikasi data.

 

Hal ini dilakukan mengingat gelaran MTQ Nasional tahun ini diadakan di masa pandemi sehingga panitia harus memastikan setiap peserta yang datang bebas dari penyakit Covid-19 sehingga tidak akan menimbulkan kluster baru yang bisa mengancam kelangsungan perjalanan acara.

 

"Jadi kalau ada peserta yang merasa mengalami gejala batuk atau panas badan, tolong sampaikan kepada kami agar kami bisa menyiapkan skenario penyelamatan apabila hal yang tidak-tidak terjadi," tambah petugas.

 

Meski lelah, para peserta rombongan tetap berada dalam kondisi sehat dan memenuhi syarat untuk memasuki arena pertandingan di kota Batu Licin. Peserta yang dinyatakan sehat akan diberi pita hijau oleh petugas sebagai tanda lulusnya verifikasi kesehatan.

 

"Pita hijau tersebut tolong dikenakan di baju yang dipakai selama acara sebagai bukti bahwa peserta telah di cek kesehatannya dan siap bertanding di cabang yang diikuti," tutup petugas.

 

Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kab. Balangan Drs. H. Muhammad Yamani M.Pd.I menyatakan rasa lega setelah administrasi peserta dinyatakan selesai dan tidak bermasalah.

 

"Sebelumnya kafilah MTQ Kab. Balangan memang telah mengikuti swab PCR di daerah dan hasilanya Alhamdulillah, semuanya negatif. Semoga sampai pada akhir kegiatan MTQ semua kafilah tetap sehat wal afiat sehingga bisa menorehkan prestasi membawa nama harum daerah," pungkasnya.

 

Teks: Uswah

Foto: Uswah

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments