Sukses Gelar MTQ Virtual, Tim Kerja: Persiapan Dadakan Demi Hasil yang Terbaik

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Pagelaran Musabaqah Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) Ke-33  Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kal-Sel) akhirnya berakhir pada Sabtu (10/4/21). Panitia Tim Kerja MTQ Kab. Balangan mengucapkan rasa syukur tak terhingga setelah peserta terakhir dari Cabang Cacat Netra selesai tampil menutup seluruh penampilan kafilah MTQ  Kab. Balangan.

 

"Dengan berakhirnya penampilan saudara Fahruzi dari cabang Cacat Netra Putra berarti berakhir sudah semua penampilan seluruh peserta MTQ Virtual ke-33 Tahun 2021 dari Kab. Balangan. Alhamdulillah," ujar Abdul Hakim, perwakilan tim kerja yang bersedia memberikan diwawancara usai tampilnya Fahruzi pada Sabtu (10/4/21) di ruang Aula 2 Kantor Bappeda Kab. Balangan.

 

Hakim selanjutnya menjelaskan secara singkat betapa pegelaran MTQ yang sejatinya digelar secara tatap muka lalu diubah menjadi virtual membuat tim kerja kelabakan dan melakukan segala persiapan serba dadakan.

 

"Saat diumumkan pada Sabtu (3/4/21) bahwa MTQ akan digelar secara virtual, kami sebagai tim kerja tentu merasa terkejut. Segera kami mendiskusikan apa-apa saja yang harus dipersiapkan dan setibanya kembali di Balangan pada Senin (5/4/21), kami segera menghubungi pihak Kominfo untuk berkoordiansi terkait pelaksanaan acara," tambahnya.

 

Menurut Hakim, dengan waktu yang terbatas, bagaimanapun caranya tim kerja harus bisa mempersiapkan segalanya terkait sarana seperti ruangan, audio dan koneksi internet, serta aturan urutan maju peserta.

 

"Memang ada beberapa kendala terkait teknis seperti koneksi internet yang tidak lancar, audio yang tidak bekerja dengan baik, serta ruangan yang terbatas sehingga kami harus masuk ke venue zoom meeting satu dan lanjut ke venue berikutnya dengan perkiraan waktu yang harus tepat. Alhamdulillah, semuanya lancar dan peserta kami bisa tampil sesuai nomor urut yang telah dibagikan," tuturnya.

 

Ahmad Ridauly, bagian tim kerja MTQ yang bertanggung jawab terkait masalah peralatan teknis menyampaikan bahwa pada tahun 2020, Kementerian Agama (Kemenag) Balangan sempat mengadakan MTQ Suara Emas yang juga digelar secara virtual sehingga untuk pelaksanaan MTQ Virtual Tingkat Provinsi Kal-Sel Tahun 2021 ini panitia sudah memiliki pengalaman, baik mental maupun pelaksanaan.

 

"Di tengah segala keterbatasan dan persiapan waktu yang mepet, kami berupaya maksimal dalam ajang MTQ Virtual ini. Semoga bisa membawa hasil terbaik bagi kafilah Kab.Balangan," tutupnya.

 

Pegelaran MTQN ke-33 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan dibuka pada Selasa (8/4/21) dan kemudian digelar selama tiga hari, mulai Rabu (9/4/21) hingga hari ini Sabtu (12/4/21).

 

Teks: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments