Jelang Sholat Gerhana Bulan, Kemenag Balangan dan Pemda Jalin Koordinasi

 



Paringin (Kemenag Balangan) Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Muhammad Yamani, M.Pd.I menuturkan bahwa Kemenag Balangan akan menjalin koordinasi dengan pemerintah daerah untuk melaksanakn sholat gerhana bulan yang dijadwalakn akan berlangsung pada Rabu (26/5/21) malam.

 

Saat memberikan amanat pada apel Senin (24/5/21) di halaman kantor Kemenag Balangan, Muhammad Yamani menyampaikan bahwa Dirjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam mengeluarkan surat tentang akan terjadinya gerhana bulan total pada 26 Mei 2021 dan menghimbau kepada Kemenag daerah untuk melaksanakan Shalat Khusufil Qamar.

 

"Kita sudah menghubungi Kabag Kesra serta pengelola Mesjid Al-Akbar tentang persiapan sholat  Khusuf. Kita juga akan siap menyediakan khatib dan imam untuk sholat gerhana yang rencananya digelar usai sholat Isya pada Rabu malam nanti," tuturnya.

 

Kemenag Balangan melalui Bimas Islam selain itu juga menyeru kepada Kantor Urusan Agama (KUA) di kecamatan untuk menjalin kerjasama dengan pengelola mesjid masing-masing agar bersama-sama melaksanakan sholat gerhana.

 

"Sholat gerhana sendiri adalah salah satu sholat yang disunahkan oleh Rasulullah. Kita beruntung  apabila diberi kesempatan untuk melaksanakannya sebagai wujud syukur kepada Allah," ujarnya.

 

Terakhir Yamani meminta kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Kemenag Balangan yang bermukim di sekitar mesjid Al-Akbar maupun mesjid lainnya yang menyelenggarakan sholat gerhana bulan agar ikut bersama menunaikan Sholat Khusufil Qamar.

 

"Momen gerhana bulan menjadi satu pengingat bahwa sesungguhnya cahaya dan gelapnya dunia diatur sepenuhnya oleh Allah Tuhan yang Maha Kuasa. Mari kita bersama memperbanyak takbir, tahlil dan Istigfar sebagai pengingat bahwa kita adalah makhluk yang begitu kecil di alam semesta yang luas ini," pungkasnya.

 

Teks: Uswah

Foto: Uswah

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments