Ka.Kankemenag: Masalah dalam keluarga Ada untuk Dipecahkan

 



Halong (Kemenag Balangan) - "Seseorang yang sudah berkeluarga, artinya sudah siap bermasalah. Dan permasalahan ada bukan untuk dihindari, namun untuk dipecahkan," ujar Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Muhammad Yamani, M.Pd.I saat memberikan sambutan dalam acara pembinaan Keluarga Hitta Sukhaya di Kabupaten Balangan Tahun 2021 pada Rabu (19/5/21).

 

Dalam acara yang digelar di Aula Vihara Sangharatana dan diikuti oleh 80 peserta umat Buddha berumah tangga di wilayah Kec. Halong, Muhammad Yamani menyampaikan bahwa setiap hidup pasti ada masalah, tinggal bagaimana bisa atau tidak meminimalisir dan menyelesaikannya.

 

"Acara pembinaan keluarga Hitta Sukhaya ini merupakan program Nasional yang diharapkan bisa memberikan edukasi kepada kita tentang bagaimana membentuk keluarga yang harmonis, bahagia, dan sejahtera. Keluarga hitta sukhaya akan tumbuh apabila masing-maisng anggota keluarga menjalankan tanggung jawabnya dan mengembangkan keterbukaan kasih sayang dan pikiran cinta kasih," tuturnya.

 

Yamani juga menyampaikan bahwa keluarga Hitta Sukaya tidak akan tercapai tanpa adanya beberapa faktor yaitu sikap setia, mengalah, percaya, menghormati, membantu dan bersahabat.

 

"Dan yang terpenting adalah pengamalan nilai-nilai agama, karena bila memahami nilai agama yang diyakini, maka keluarga hitta sukhaya akan tercipta. Faktor pendukung lain diperoleh berdasarkan pengalaman, namun dalil agama tidak akan bisa diragukan," pungkasnya.

 

Penyelenggara Buddha Kemenag Balangan Hariani,S.Pd, MM. yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Pelaksana menuturkan bahwa ada tiga narasumber yang didatangkan dalam acara Pembinaan Hitta Sukhaya yaitu dari Dinas Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, Dinas Kesehatan Kab. Balangan, dan Praktisi Buddhis Bikhhu

 

"Sementara tujuan dari pembinaan ini adalah memberikan pembekalan kepada para peserta agar setelah kegiatan ini selesai dapat dipraktekkan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat terciptanya keluarga yang harmonis, bahagia, dan sejahtera," tutupnya.

 

Teks: Uswah

Foto: Uswah

 

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments