Pendampingan Audit Kinerja, Ka.Subbag TU Ingatkan Benahi Instrumen Kerja

 



Paringin  (Kemenag Balangan) - Dalam rangka pelaksanaan pendampingan Tugas dan Fungsi Tahun 2020 pada Instansi Kementerian Agama (Kemenag) dan Satker oleh Inspektorat Jenderal Kemenag Pusat kepada sejumlah kantor Kemenag di Kalimantan Selatan, Kepala Sub Bagian (Ka.Subbag) Tata Usaha (TU) Kantor Kemenag Kabupaten Balangan Drs. H. M. Fahmi Wahid, M.MPd. mengingatkan kepada seluruh ASN di lingkungan kerja Kemenag Balangan untuk melengkapi dan membenahi instrumen administrasi tahun 2020.

 

Saat memberikan amanat pada apel Jumat (28/5/21) sore di halaman Kantor Kemenag Balanga, Fahmi Wahid menyebutkan sejumlah instrumen administrasi yang harus dipersiapkan oleh ASN baik secara individu maupun per unit kerja.

 

"Pertama uraian pekerjaan atau job desciption harus dimiliki oleh tiap ASN, baik ASN baru maupun lama, dan harap dihafalkan di luar kepala agar saat ditanya nanti, tidak akan kelabakan," ujarnya.

 

Yang kedua Fahmi menyampaikan kepada operator/bendahara untuk menyiapkan dokumen anggaran, dokumen kegiatan serta dokumen rapat perencanaan dalam bentuk absensi, dokumentasi serta notulen.

 

"Laporan kegiatan seperti hal apa saja yang memerlukan dana DIPA harap juga dokumentasikan dengan baik, karena itu juga akan dipertanggungjawabkan," tambahnya.

 

Selanjutnya menurut Fahmi, setiap unit harus memiliki program kerja yang jelas dan memiliki copy per seksi yang dijilid masing-masing sebagai pegangan satker itu sendiri meskipun seluruh program kerja sudah terangkum di laporan LAKIP .

 

"SOP Kegiatan juga harus ada, seperti tentang bagaimana pelayanan kita mengenai dana PIP, verifikasi pencairan dana BOS, dan semacamnya," tuturnya.

 

Berikutnya untuk pengelolaan BMN, Fahmi menyampaikan bahwa setiap unit juga harus memiliki dokumen pengelolaan BMN yang jelas dalam bentuk pencatatan tentang bagaimana menginventaris benda karena pada dasarnya tiap unit memiliki dana pengelolaan BMN.

 

"Bagi Penmad dan PAKIS juga tolong siapkan data madrasah dan pondok pesantren seperti jumlah siswa dan santri, agar saat ditanya nanti kita sudah mempersiapkan data yang diminta," ungkapnya.

 

Untuk arsip pribadi, Fahmi meminta kepada ASN untuk menyiapan SKP 2020 serta Kinerja Harian tahun 2020 yang sudah harus diprint out dan ditandatangani oleh pimpinan.

 

"Terakhir, ini bagi Kantor Urusan Agama dan Madrasah, print out absensi harian juga harus dikumpulkan," tegasnya.

 

Dalam kesempatan tersebut Fahmi juga meminta kepada seluruh ASN untuk meningkatkan kinerja dan disiplin sehingga segala sesuatu yang diamanahkan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya.

 

"Terutama bagi para ASN muda yang merupakan penyambut tongkat estafet pergantian zaman. Tunjukkan kelebihan yang kalian miliki agar tercipta persaingan sehat dalam memenuhi tiap jabatan, baik fungsional, struktural dan lainnya," pungkasnya.

 

Teks: Uswah

Foto: Uswah 

 

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments