Penyelenggara Buddha Pinta Penyuluh Lakukan Pembinaan ke Daerah Pedalaman

 



Halong (Kemenag Balangan) - Penyelenggara Buddha Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Balangan Hariani, S.Pd. MM meminta agar para Penyuluh Agama Buddha Non Pegawai Negeri Sipil (Non-PNS) tidak hanya mengelenggarakan pembinaan umat di wilayah binaan masing-masing, namun juga melakukan pembinaan di daerah pedalaman atas.

 

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan arahan dapal Acara Rapat Koordinasi dengan Bhikkhu Pembina, Penyuluh Agama Buddha Non PNS dan Pengurus Virara se-Kec. Halong pada Rabu (5/5/21) di Vihara Sangharatana Desa Hauwai.

 

"Saya harap para penyuluh tidak hanya melakukan binaan di desa binaan, tapi juga rolling ke daerah-daerah atas. Jadi saya pinta kontribusi dan kesadaran penyuluh dalam hal tersebut, karena tanpa ada kesadaran maka tidak akan bisa melakukan pembinaan," ujarnya di hadapan Penyuluh Agama Buddha yang berhadir.

 

Bhikku Pembina (Padasayanaka) Kalsel-Teng yang tengah melakukan Wasa di Desa Halong, YM. Bikkhu Karuna Thera juga berhadir dan menyampaikan pada sadarnya penyuluh adalah tangan kanan Bikhhu dalam hal pembinaan.

 

"Kebanyakan besar penyuluh agama Buddha hanya berada di daerah luar seperti Halong, dan sedikit bahkan jarang yang ada di daerah pedalaman. Mari kita salin kerja sama antara Bikhu dan Penyuluh, agar umat kita di daerah pedalaman juga mendapatkan pembinaan," tuturnya.

 

Dalam Rapat tersebut Hariani juga menyampaikan akan ada 5 Vihara yang mendapatkan bantuan dalam bentuk renovasi dan rumah ibadah sehat. Bantuan Renovasi diberikan pada Vihara Bodhicita di Mantuyan. Sedang bantuan untuk rumah ibadah sehat dalam bentuk sanitasi, saluran air dan semacamnya didapatkan oleh 4 tempat ibadah yaitu Vihara Sanghartaan di Hauwai, Vihara Sati Sukha di Mauya, serta Vihara Bodhi Taruna dan Vihara Karuna Bakti di Mamigang.

 

"Karena ini adalah program nasional yang dipantau langsung oleh staf kepresidenan, maka laporan akan diminta dalam bentuk viode awal sebelum renov dan video akhirnya. Mohon kerja sama para pengurus Vihara sekalian ikut memantau proses bantuan rumah ibadah sehat ini," tutupnya.

 

Teks: Uswah

Foto: Humas

Related Posts

Post a Comment

0 Comments