Peringati Hari Pendidikan Nasional, FPKGMB Gelar Webinar Pembuatan Website

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei serta masih dalam suasana Peringatan Hari Kartini 21 April, Forum Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah Kabupaten Balangan (FPKGMB) menggelar acara Webinar Nasional Pelatihan Pembuatan Website Gratis Untuk Guru dan Madrasah.

 

Ketua Umum FPKGMB Zulfah Magdalena saat memberikan sambutan melalui media zoom di Aula Asy Syura Kemenag Balangan pada Sabtu (1/5/21) menyampaikan bahwa acara ini merupakan program kerja forum yang keputusannya diambil berdasarkan jajak pendapat serta mengambil keinginan yang diharapkan oleh guru untuk meningkatkan kompetensi.

 

"Pelatihan ini bentuknya in-on-in dan digelar selama dua hari. Hari ini akan ada pelatihan pembuatan website untuk madrasah/satker dengan pemateri Bapak Abdul Kholid, dan besok adalah pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis website dengan google site dari pelatih bersertifikat google Ibu Milasari," jelasnya.

 

Zulfah kemudian menerangkan maksud dari bentuk pelatihan in-on-in adalah setelah pelatihan ini selesai, para peserta diminta membuat website di tempat kerja masing-masing, yang nantinya akan bisa dibimbing serta didampingi dalam proses pembuatan website melaui grup WA atau telegram yang telah dibentuk.

 

"Jadi saya harap dalam mengikuti webinar ini tidak hanya demi mendapatkan sertifikat, namun akan menjadi suatu majelis ilmu dan bisa membuat website demi memajukan pembelajaran di madrasah sebagai amal Jariyah," terangnya.

 

Selanjutnya menurut Zulfah, dalam satu tahun kedepan akan diadakan lomba dalam pengaplikasian pembuatan website, sehingga bagi peserta yang bisa membuat website dengan bagus dan difungsikan demi kemajuan lembaga masing-masing akan mendapatkan rewad nantinya.

 

"Ibu Kartini adalah ibu pelopor emansipasi wanita, dan Bapak Ki Hajar Dewantara adalah Bapak Pendidikan. Mari kita teladani demi memajukan pendidikan di Indonesia . Mulai dari satu langkah kecil kita hari ini dan berlajut hingga ke tahun depan, semoga ilmu yang Bapak Ibu dapatkan hari ini bisa bermanfat banyak,"pungkasnya.

 

Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H.Muhammad Yamani, M.Pd.I yang juga berhadir mengapresiasi acara webinar ini, apalagi saat mendengar laporan bahwa peserta yang terdaftar melalui link registrasi sebanyak 569 orang, dengan peserta dari Kalimantan selatan sebanyak 303 orang dan dari luar sebanyak 266 orang.

 

"Yang terjauh di ujung timur dari Man Jayapura,dan dari ujung Barat dari Min 12 Aceh Barat Daya. Saya memberikan apresiasi tinggi atas terselenggaranya acara ini, apalagi saya dengar acara ini bisa terlaksana tanpa anggaran dana namun hanya dengan infaq seikhlasnya dari anggota FPKGMB," ujarnya saat memberikan sambutan.

 

Selanjutnya menurut Yamani, masa pandemi Covid-19 ini jangan menjadi halangan dalam menggali pengetahuan dan mencari pengalaman demi menambah wawasan untuk kemudahan pengelolaan pendidikan di wilayah serta negara Indonesia.

 

"Momentum seperti ini harus dikelola sebaik-baiknya. Semoga pengalaman dan pengetahuan akan bertambah demi memudahkan pelaksanaan pendidikan agar tidak tertinggal dari kemajuan zaman," harapnya.

 

Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kemenag Kalsel H. Noor Fahmi yang berhadir melalui media zoom untuk membuka acara menyatakan bahwa dalam kemajuan zaman sebenarnya ada banyak aspek positif yang bisa diambil, salah satunya website yang akan menjadi sarana berbagi ilmu dan tidak hanya bisa diakses oleh siswa di madrasah, namun bagi masyarakat pada umumnya.

 

"Saya harap peserta nantinya dapat mengimplementasikan ilmu yang di dapat dalam cara ini di tempat kerja masing-masing dan menularkannya kembali ke siswa didikannya demi bersama-sama memajukan pendidikan madrasah di Indonesia," tutupnya.

 

 

Teks: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments