Persiapan Keberangkatan Haji, CJH Balangan Jalani Vaksin

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Puluhan Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Balangan menjalani vaksinisasi Covid-19 sebagai bentuk persiapan keberangkatan haji Tahun 2021 di gedung Forum Kerukunan Umat Beragama pada Sabtu (22/5/21).

 

Vaksinisasi kali merupakan vaksin ketiga yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kab. Balangan bekerjasama dengan Kemenag Balangan bagi CJH setelah sebelumnya diadakan vaksin Sinovacc bagi CJH Lanjut Usia (Lansia) pada tahap pertama dan kedua.

 

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Balangan Rahmadi, S.Pd.I yang datang meninjau kegiatan menuturkan bahwa CJH yang divaksin merupakan CJH Kab. Balangan yang dijadwalkan berangkat Tahun 2021.

 

"Hari ini yang divaksin ada 176 jemaah setelah sebelumnya CJH menjalani vaksin meningitis. Untuk hari ini, ada jemaah yang yang sudah melaksanakan vaksin pertama, ada pula yang tinggal melaksanakan vaksin kedua," terangnya.

 

Rahmadi menuturkan bahwa vaksin Covid-19 bagi CJH memang diwajibkan karena data jemaah akan terkoneksi dengan Siskohat Kesehatan dan Siskohat Haji, sehingga apabila jemaah belum menjalani vaksin maka tidak akan bisa berangkat.

 

"Semua jemaah harus ikut vaksin termasuk CJH yang memiliki penyakit bawaan. Untuk CJH seperti ini, maka mereka harus diperiksakan terlebih dulu kepada dokter sebelum divaksin. Apabila dokter menyatakan sehat, baru mereka akan divaksin dibawah pengawasan dokter," tuturnya.

 

Kepala Kantor Kemenag Kab. Balangan Drs. H. Muhammad Yamani, M.Pd.I yang juga datang memonitor kegiatan memohon pengertian kepada seluruh CJH agar bisa mengikuti vaksin karena itu sudah merupakan ketentuan dari Panitia Keberangkatan Haji tahun ini.

 

"Meskipun belum ada surat resmi dari pemerintah tentang kepastian keberangkatan, mari tetap jalani vaksin agar kita sudah siap. Apabila semua persiapan sudah dilakukan, maka tinggal menunggu keputsan pemerintah Arab Saudi tentang pelaksanaan haji. Semoga tahun ini jemaah kita bisa berangkat," pungkasnya.

 

Teks: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments