Batal Berangkat, Calon Jemaah Haji Tetap Jalani Vaksin

  



Paringin (Kemenag Balangan) - Terlepas dari batalnya keberangkatan haji Tahun 2021 M / 1442 H, calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Balangan tetap menjalankan salah satu prasyarat keberangkatan haji yaitu melaksanakan Vaksin Covid-19.

 

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Rahmadi, S.Pd.I, MM yang memantau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Paringin Selatan Muara Pitap menyampaikan bahwa vaksin kali ini merupakan pelaksanaan Vaksinasi Covid-10 Dosis Ke-2 bagi CJH.

 

"CJH Kab. Balangan yang belum mendapatkan vaksin dosis ke-2 ada 146 orang yang terdiri dari 6 orang CJH lanjut usia dan 140 CJH regular," ujarnya saat dimintai keterangan pada Sabtu (19/6/21).

 

Untuk bisa mendapatkan vaksin, CJH diminta untuk memastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan fit serta disarankan untuk sarapan agar perut tidak dalam kondisi kosong saat divaksin.

 

"Yang terpenting juga adalah tetap harus melaksanakan protokol kesehatan yang ketat saat menjalani vaksin yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," tambahnya.

 

Rahmadi juga mengingatkan bahwa usai vaksin, ada beberapa efek samping yang sering dilaporkan sehingga meminta CJH tidak merasa gugup saat gejala tersebut dialami."Efek samping yang ada hanya bersifat ringan yaitu sakit kepala, sering mengantuk, sering lapar dan badan pegal-pegal. Kalau memang ada riwayat penyakit sebelumnya, laporkan saja kepada petugas vaksin sehingga pelaksanaan vaksin akan ditunda dan efek yang dikhawatirkan pun tidak akan terjadi," jelasnya.

 

Terkait jumlah CJH yang menjalani vaksin, Rahmadi menyampaikan dari 146 orang, CJH yang datang cukup banyak hingga mencapai 75 persen, meskipun angka sebenarnya masih dipegang oleh pihak petugas vaksin dari Dinas Kesehatan.

 

"Namun dari sini kita bisa mendapatkan gambaran bahwa CJH kita tetap antusias menjalani vaksin meskipun haji dibatalkan, apalagi mengingat Vaksin Sinovacc memang sudah diakui oleh petugas haji Arab Saudi. Semoga dengan vaksin, CJH Kab. Balangan sehat selalu dan siap berangkat haji apabila panggilan telah tiba," pungkasnya.

 

Teks: Uswah

Foto: Humas

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments