Ikuti Sippa Dhamma Samajja, Penyelenggara Buddha Harap Peserta Balangan Dapat Jawara

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Penyelenggara Buddha Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Balangan Hariani, S.Pd. MM mengharapkan agar peserta dari Kabupaten Balangan yang mengikuti gelaran Lomba Sippa Dhamma Samajja (SDS) ke-8 Tahun 2021 di Pekanbaru, Riau bisa menorehkan juara dalam salah satu cabang yang dilombakan.

 

Saat mengikuti pembukaan Perlombaan SDS melalui zoom meeting di ruangannya Hariani menyampaikan bahwa tema perlombaan untuk acara SDS tahun ini adalah Modena yang artinya Moderat dan Nasionalis. "Tema ini dimaksudkan untuk mendorong siswa siswi agama Buddha agar mampu menjadi warga negara yang harmonis, hidup saling berdampingan, mampu menghargai setiap perbedaan, dan memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi dalam membangun kekuatan bangsa," jelasnya.

 

Acara yang diadakan setiap dua tahun sekali ini biasanya digelar secara langsung, namun tahun ini SDS dilaksanakan secara daring karena masih dalam berada kondisi pandemi. "Peserta lomba juga hanya datang ke ibukota provinsi masing-masing untuk merekam video lomba, yang mana hasil karya dan video proses jalannya lomba akan dikirim ke panitia dan menjadi bahan penilaian," tambah Hariani.

 

Kabupaten Balangan tahun ini mengirimkan empat orang siswa untuk bertanding dalam SDS setelah sebelumnya dilakukan seleksi secara terbatas di daerah karena kondisi pandemi. "Cabang yang diikuti siswa siswi Buddha Kab. Balangan yaitu Lomba Dhamma Vikata atau Cerita Bergambar Tingkat SMA, Lomba Dhammakkhayika atau Bercerita Buddhis tingkat SMA, Lomba Dhammapada atau membaca syair tingkat SMP, serta Lomba Dhammakkhayika Tingkat SMP," tuturnya panjang lebar.

 

Hariani positif dari empat peserta yang dikirimkan akan ada peserta yang bisa menorehkan juara dalam gelaran SDS meskipun peserta harus bersaing secara nasional dengan peserta dari provinsi lain dalam memperebutkan piala kejuaraan tersebut.

 

"SDS adalah sarana untuk meningkatkan potensi dan peran para siswa siswi Buddha melalui unjuk kreativitas, keterampilan, kemahiran dan keahlian dalam Dhamma. Semoga peserta kita bisa membawa harum nama Kab. Balangan melalui gelaran SDS baik pada tahun ini, maupun pada lomba SDS di tahun-tahun selanjutnya," pungkasnya.

 

Sippa Dhamma Samajja dibuka secara virtual oleh Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah  Provinsi Riau, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha, Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha,  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau,  FKUB Provinsi Riau, Pebimas Buddha Seluruh Indonesia, Tokoh Majelis dan Tokoh Agama pada wilayah Kota Pekan Baru.

 

Teks: Uswah

Foto: Humas

Related Posts

Post a Comment

0 Comments