Ka.Kankemenag: Video Pembelajaran Media Interaktif di Masa Pandemi

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Muhammad Yamani, M.Pd.I menyampaikan bahwa video pembelajaran bagi siswa di sekolah sangat penting keberadaannya sebagai media interaktif mengingat hingga sekarang pertemuan tatap muka masih belum bisa dilangsungkan.

 

"Hingga kini pandemi Covid-19 masih berlangsung yang mengakibatkan sedikit banyak proses pembelajaran di sekolah tidak bisa berjalan seideal semasa sebelum pandemi. Salah satu cara mengatasi hal tersebut adalah dengan pengadaan video pembelajaran," ujarnya saat ditemui usai mengikuti pembukaan Pelatihan Daring Pembuatan Video Pembelajaran Tingkat Nasional oleh Dinas Pendidikan Kab. Balangan via zoom di ruang kerjanya pada Rabu (2/5/21).

 

Menurut Yamani, penting bagi seorang guru untuk menguasai kemampuan mengolah video pembelajaran demi membuat proses belajar mengajar lebih efektif dan menarik mengingat media yang digunakan juga melalui platform internet seperti ponsel pintar dan komputer.

 

"Sekarang kita berada di era digital, sudah selayaknya bagi guru untuk mampu memegang IT. Kalaupun merasa tidak mampu, itulah pentingnya kita mengikuti pelatihan semacam ini unuk menambah wawasan dan skill dalam penguasaan media pembelajaran yang mana dalam hal ini berbentuk video," tegasnya.

 

Lebih jauh Yamani menerangkan agar semangat siswa di masa Pandemi Covid tidak kendor saat belajar, penting bagi guru untuk menciptakan suasana belajar yang berkualitas sekaligus menyenangkan meski tanpa tatap muka.

 

"Semoga setelah pelatihan ini ,para guru mampu membuat video pembelajaran nantinya agar tetap semangat belajar kreatif dan inovatif meskipun belajarnya dari rumah. Kami harap juga para peserta dapat mengimbaskan ilmunya kepada guru lain di sekolahnya," pungkasnya.

 

Pelatihan daring pembuatan video pembelajaran dibuka langsung oleh Wakil Bupati Balangan H. Supiani dan akan berlangsung selama tiga hari pada tanggal 2-4 Juni 2021.

 

Teks: Uswah

Foto: Uswah

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments