Kasi Penmad: 409 Siswa Madrasah Ibtidaiyah Kab. Balangan Lulus

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Sebanyak 409 (empat ratus sembilan) orang siswa yang mengeyam pendidikan di kelas VI Madrasah Ibtidayah (MI) di Kabupaten Balangan Tahun Ajaran 2020/2021 dinyatakan lulus. Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Harmainor, S.Pd.I,MM saat ditemui di ruang kerjanya pada Selasa (22/6/21).

 

"Madrasah Ibtidaiyah di Kab. Balangan ada 35 buah dengan rincian 7 MI Negeri dan 28 MI Swasta. Jumlah siswa yang lulus dari MI Negeri berjumlah 168 orang dan siswa yang lulus dari MI swasta berjumlah 241 orang," ujarnya.

 

Menurut Harmainor dari 35 MI yang ada, hanya 34 madrasah yang meluluskan siswanya, sedangkan pada satu madrasah yaitu MI Hidayatul Islam tidak ada siswa yang dinyatakan lulus. "Hal ini karena MI Hidayatul Islam termasuk madrasah baru dan siswa kelas VI-nya belum ada," paparnya.

 

Terlepas dari MI Hidayatul Islam, maka angka kelulusan untuk MI di Kab. Balangan dinyatakan lulus 100% dan tidak ada siswa yang tertinggal.

 

"Ini sudah tahun ke-dua siswa Madrasah Ibtidaiyah kita mengadakan kelulusan di masa pandemi. Kalau pada tahun sebelumnya persiapan ujian belum begitu matang karena virus Covid-19 masuk ke Indonesia pada masa menjelang ujian, maka untuk tahun ini siswa kelas VI bisa mengikuti ujian akhir dengan sistem yang sudah disusun sebaik mungkin, baik itu daring maupun luring, sehingga penilaian pun lebih objektif dan terarah," terangnya.

 

Harmainor menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh siswa yang lulus dan berharap agar para lulusan tetap semangat untuk melanjutan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

 

"Meski kita masih belum bisa memastikan tentang apakah tahun ajaran 2021/2022 Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bisa diselenggarakan, madrasah dan guru tetap berkomitmen untuk berusaha sebaik-baiknya agar pendidikan yang menjadi hak anak tetap tersalurkan. Mari teruskan pendidikan, baik itu sekolah umum atau madrasah, dan tetap perkaya diri dengan ilmu di masa pandemi," pungkasnya.

 

Teks: Uswah

Foto; Uswah

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments