Patuhi Instruksi Menag RI, Kemenag Balangan Gelar Upacara Bendera

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Dalam rangka melaksanakan Instruksi Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia (RI) Nomor 2 Tahun 2021  tentang Penghormatan Bendera Merah Putih dan Doa, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan menggelar upacara bendera pada Kamis (17/6/21) di halaman Kankemenag Balangan.

 

Upacara Bendera merupakan hal yang belum lazim dilaksanakan di Kankemenag Balangan karena pada apel bersama yang biasanya jatuh pada tanggal 17 tiap bulannya, hanya diadakan apel biasa tanpa pengibaran bendera merah putih.

 

"Dengan keluarnya Instruksi Menag RI tersebut, maka kebiasaan melakukan apel bersama kita perbaharui menjadi upacara bendera dengan tambahan acara penghormatan bendera merah putih yang didahului dengan penaikan bendera," ujar Kepala Kankemenag Kab. Balangan H. Muhammad Yamani saat dimintai keterangannya usai upacara bendera.

 

Menurut Muhammad Yamani perubahan ini merupakan hal yang positif demi memperkokoh sikap kesadaran berbangsa, bernegara dan cinta tanah air serta meningkatkan pengabdian, tanggung jawab dan disiplin pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag Balangan.

 

"Apalagi mengingat di situasi pandemi sudah jarang dilakukan upacara bendera di madrasah, setidaknya di kantor Kemenag kita lakukan penghormatan bendera pada upacara yang hanya digelar sebulan sekali," tuturnya.

 

Selain perubahan tentang tambahan penghormatan bendera, diatur juga dalam intruksi tersebut tentang pakaian yang dikenakan saat upacara. Tidak lagi mengenakan seragam Korpri, namun disesuaikan dengan Pakaian Dinas Harian (PDH) sesuai dengan hari kerja saat jatuhnya tanggal 17 tersebut.

 

"Instruksi Menag tersebut baru sampai ke Kantor Kemenag pada tanggal 16 Juni, sedangkan undangan apel telah disebar satu hari sebelumnya dengan keterangan menggunakan baju Korpri. Karenanya untuk hari ini kita masih melakukan apel dengan seragam Korpri dan untuk bulan-bulan selanjutnya akan mengenakan PDH sesuai dengan hari upacara digelar," pungkasnya.

 

Teks: Uswah

Foto: Ratno 

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments