Gunakan Portal Online, Kemenag Balangan Gelar Sosialisasi Pengisian LPJ BOS Madrasah

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Balangan melalui seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) menggelar sosialiasi pengisian Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun 2021 Tahap I Bagi madrasah swasta lingkungan Kemenag Balangan di gedung Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Selasa (6/7/21).

 

Ahmadi SE, narasumber sosialisasi yang berasal dari seksi Penmad Kanwil Kemenag Kalsel menyampaikan bahwa batas pelaporan LPJ BOS Tahap I  adalah dari tanggal 1 - 10 Juli 2021, namun masih banyak bendahara yang belum mengerti prosedur pengisian serta pengunggahan laporan secara online sehingga pelatihan ini penting untuk digelar.

 

"DIPA BOS untuk madrasah swasta tahun berasal dari pusat, sedang pada tahun-tahun sebelumnya berasal dari Kanwil Kemenag Provinsi, karenanya sistem pelaporannya juga berbeda. Kalau dahulu laporannya secara manual, sekarang sistemnya online melalui portal BOS Kemenag," begitu disampaikannya saat dimintai keterangan.

 

Hal itu diamini M. Zulhifni, Bendahara dari MI Hidayatul Islam salah satu peserta sosialisasi. Zulhifni mengatakan bahwa kendala yang dihadapi adalah format LPJ BOS yang baru berbeda dengan yang sebelumnya serta tidak sekedar menuliskan jumlah dana BOS yang diterima pada tahap I, jumlah dana yang digunakan serta sisa dana pada portal.

 

"Ada dokumen yang harus di unggah ke portal BOS Kemenag, sedang itu kami masih bingung bagaimana cara mengisinya. Karenanya kesempatan sosialisasi kali ini sangat berguna bagi kami para bendahara di madrasah agar bisa memasukkan data laporan pertanggungjawaban BOS dengan benar dan tanpa banyak kebingungan," tuturnya.

 

Dimintai keterangan di kesempatan terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Penmad Kemenag Balangan Rahmadi, S.Pd.I MM menyampaikan bahwa pengisian laporan pertanggung jawaban BOS Tahap I I bagi madrasah merupakan hal yang penting karena itu merupakan prasyarat pencairan dana BOS tahap II.

 

"Ikuti sosialiasi agar bisa mempersiapkan LPJ BOS tahap I dengan baik. Operator kami dari Penmad Kemenag Balangan juga siap membantu apabila masih ada hal yang tidak jelas. Semoga pengisian LPJ BOS tahap I lancar agar pencairan BOS Tahap II juga berjalan tanpa hambatan," harapnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

 

 

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments