Hening Cipta, Ka.Kankemenag: Renungan Bahwa Korban Covid-19 Ada Nyatanya

 



Kandangan (Kemenag Balangan) - Di tengah kesibukan kesehariannya, Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Muhammad Yamani, M.Pd.I tak lupa ikut meluangkan waktu sejenak untuk mengikuti momentum Hening Cipta sebagai perwujudan bela sungkawa atas meninggalnya para korban Covid-19 di Indonesia, Sabtu (10/7/21) tepat pukul 11.07 WITA.

 

"Mari kita bersama mengheningkan cipta untuk mendoakan para tenaga kesehatan, relawan, tokoh agama, serta masyarakat yang telah mendahului kita meninggal karena Covid-19," ujarnya seraya mengheningkan cipta bersama para rombongan ziarah di Mesjid Jami Iberahim Kec. Daha Utara Kab. Hulu Sungai Selatan.

 

Selesai hening cipta Yamani menyampaikan bahwa momen hening cipta menjadi pengingat bahwa apabila dihitung dengan angka korban Covid-19 di Indonesia sudah melebihi 62 ribu jiwa. "Dan itu saya nyatakan bukan sekedar angka, mereka adalah korban yang memiliki nama, pekerjaan, dan keluarga yang turut bersedih karena ditinggalkan. Kita tidak bisa mengindahkannya begitu saja," tambahnya.

 

Momen hening cipta ini menurut Yamani sejatinya menjadi pengingat bagi bangsa Indonesia tentang apa yang bisa dilakukan untuk membatu para korban serta mencegah agar bencana yang sama tidak terlulang serta merembet ke daerah-daerah lain.

 

"Kalau memang tidak bisa memberikan bantuan kepada para korban, setidaknya yang bisa kita lakukan adalah tindakan pencegahan bertambahnya korban dengan senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan menjalankan vaksinasi. Kita lakukan saja permisalan, satu vaksin yang didapatkan oleh masyarakat berarti berkurangnya satu pasien yang harus ditangani petugas kesehatan. Sederhana bukan," ujarnya berandai.

 

Yamani berharap agar momen hening cipta ini bukan hanya sekedar menjadi ajang ceremonial sesaat, namun bisa dilakukan secara berkelanjutkan di dalam rangkaian acara Pray From Home yang juga digaungkan oleh pemerintah Republik Indonesia.

 

"Heningkan cipta sebagai wujud kesadaran bahwa kita adalah makhluk yang kecil di dunia. Kita tidak bisa berbuat apa-apa tanpa kuasa-Nya. Semoga doa kita dijabah oleh Tuhan yang Maha Esa dan pandemi Covid-19 segera sirna," harapnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments