Istighosah Kubro Virtual, Ka.Kankemenag: Ikhtiar Bathin Penanggulangan Pandemi Covid-19

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Di tengah semakin melonjaknya angka kasus Covid-19 di Indonesia dengan munculnya varian virus delta, Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Muhammad Yamani, M.Pd.I menyatakan bahwa istighosah kubro merupakan salah satu bentuk usaha ikhtiar batin demi membendung penularan pandemi Covid-19.

 

"Setelah kita lakukan rangkain ikhtiar lahir seperti menjalankan protokol kesehatan 5M dan mengikuti vaksin, saatnya kita lengkapi upaya dengan melakukan ikhtiar bathin dalam bentuk berdoa bersama memohon agar pandemi Covid-19 segera beakhir," ujarnya saat menyaksikan kegiatan Istighosah Kubro Virtual:  Doa untuk Kesehatan dan Keselamatan melalui channel Youtube Pendis, Kamis (8/7/21).

 

Menurut Yamani acara ini menjadi salah bukti bahwa doa bersama tidak mesti harus dilakukan di dalam satu majelis duduk yang sama, namun bisa di lakukan dari rumah masing-masing dengan adanya teknologi virtual seperti media zoom ataupun Youtube.

 

"Meski virtual, istighosah kubro tetap bisa dijalankan secara khidmad selama niat awal untuk memohon kepada Allah agar Covid-19 segera berakhir tetap tertanam di dalam hati," tambahnya.

 

Acara yang diadakan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam ini menurut Yamani menjadi terasa lebih istimewa karena yang menjadi target peserta adalah para pimpinan pesantren dan pendidikan keagamaan Islam seluruh Indonesia.

 

"Para kiai dan ulama adalah wali Allah di muka bumi, sehingga dengan doa para ulama dan doa kita semua dalam istighosah kurbo ini semoga virus Corona di Indonesia dan dunia segera pergi agar kita bisa melaksanakan pekerjaan secara normal kembali sedia kala," harapnya.

 

Sementara Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani menyatakan bahwa istighosa kubro merupakan ikhtiar bathin bersama sebagai seorang insan manusia yang memiliki ruang-ruang kehambaan.

 

"Dengan dorongan tanggung jawab moral dan spiritual, setelah berikhtiar lahir kita lanjutkan dengan ikhtiar bathin. Mudah-mudahan dengan kebersamaan istighosah, kita mengetuk pintu langit memohon kepada Allah melangitkan doa untuk kesehatan dan keselamatan serta harapan semoga pandemi segera usai," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments