Jelang Qurban, Kemenag Balangan Gelar Rapat Persiapan

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Menjelang semakin dekatnya pelaksanaan ibadah qurban 1442 H, Panitia Pelaksana Ibadah Kurban Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan menggelar rapat perencanaan pematangan acara di Aula Asy-Syura, Selasa (6/7/21).

 

Kepala Kankemenag Kab. Balangan Drs. H.Muhamamd Yamani, M.Pd.I yang berhadir dalam rapat menyatakan bahwa untuk tahun 2021 Kemenag Balangan akan melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak 4 ekor dengan peserta berjumlah 28 orang.

 

"Pada dasarnya setiap kantor Kemenag di daerah memang diinstruksikan untuk mengkoordinir penyembelihan hewan kurban setiap tahunnya, dan itu nanti dilaporkan ke kanwil dan ke pusat," ujarnya.

 

Untuk di Balangan sendiri, penyelenggaraan ibadah kurban di kantor Kemenag sudah berlangsung puluhan tahun, dan tahun 2021 merupakan tahun ke-4 Yamani menjadi panitia dan juga peserta dalam melaksanakan ibadah kurban di Kemenag Balangan.

 

"Mengingat tahun ini penyelenggaraan ibadah kurban akan digelar di kondisi pandemi, maka harus dipastikan penyelenggaraakan tetap menerapkan protokol kesehatan. Petugas harus menjaga jarak, pisau jangan digunakan secara bergantian, serta jangan ada kerumunan masyarakat di tempat penyembelihan," terangnya.

 

Yamani terakhir menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya kurban tidak lain demi melaksanakan ajaran agama serta sebagai bentuk syiar bagi umat Islam.

 

"Mudah-mudahan dengan pelaksanaan kurban yang dikoordinir langsung oleh Kemenag, syiar agama Islam, terutama terkait penyelenggaraan ibadah kurban, menjadi semakin tinggi,"pungkasnya.

 

Dalam rapat tersebut, Kepala Panitia Pelaksanaa Ibadah Kurban Drs. H. M.  Fahmi Wahid, M.M.Pd meminta kepada seluruh panitia untuk menginventarisir sarana prasarana yang akan digunakan saat  penyelenggaraan kurban.

 

"Siapkan alat yang akan digunakan saat penyembelihan kurban seperti timbangan, plastik pembungkus daging, tikar, dan alat lain yang dirasa perlu. Pastikan juga kebersihan lokasi Kurban setelah pemotongan hewan terjaga dengan tidak membuang jeroan sapi sembarangan," ujarnya.

 

Pelaksanaan Ibadah Kurban 1442 oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan direncanakan akan digelar pada tanggal 22 Juli 2021.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments