Ka.Kankemenag: Dengan IT, Matsama Tetap Bisa Dilangsungkan

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Muhammad Yamani, M.Pd.I menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Balangan yang telah berhasil melaksanakan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2021/2022 di tengah masih berlangsungnya pandemi Covid-19.

 

"Dengan kemajuan Teknologi dan Informasi, MAN 4 Balangan bisa melaksanakan MATSAMA walaupun dalam situasi pandemi. Hal ini tentunya bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi madrasah lainnya, khususnya di Kab. Balangan, bahwa dalam kondisi apapun walau kita mau berusaha, tentu bisa mewujudkan program dan cita-cita," ujarnya saat memberi sambutan dalam acara Penutupan Matsama Peserta Didik Baru  MAN 4 Balangan via zoom meeting, Rabu (14/7/21).

 

Selanjutnya kepada para siswa Yamani berpesan agar mengambil pengalaman seta pengetahuan yang sudah di dapat dalam kegiatan Matsama, baik dari narasumber personil kepolisian, staf Kesehatan, dan yang lainnya untuk menjadi bekal dalam menghadapi Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

 

"Dalam mengkaji ilmu atau menghadapi persoalan hidup, paling tidak ada satu prinsip yang harus kita pegang, yaitu DUIT yang artinya doa, usaha, ibadah dan tawakkal. Apabila kita sudah melaksanakan prinsip tersebut maka kita tidak akan berpikir negatif lagi terhadap ketentuan dan takdir Allah. Kalau memang tidak sesuai, mungkin Tuhan akan memberikan yang terbaik di lain waktu," ujarnya menyampaikan amanat kepada para siswa.

 

Yamani juga mengingatkan kepada para siswa agar selalu berusaha dan belajar karena tantangan di era IT sangat berat, tidak cukup hanya dengan modal ketekunan dan keuletan, tapi harus memegang dua hal utama, yaitu keterampilan dan keilmuan.

 

"Kalau hanya punya ilmu tapi tidak terampil, tidak akan bisa bersaing. Begitu pula sebaliknya, kalau hanya terampil namun tidak memiliki kualifikasi keilmuan, tidak akan bisa dipercaya orang," ujarnya.

 

Terakhir Yamani berpesan agar di masa pandemi untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan 5M serta bagi para tenaga pendidik dan kependidikan untuk melaksanakan program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah demi mencegah serta mengurangi penyebaran kasus Covid-19 di daerah.

 

"Dengan mengucapkan hamdalah, Masa Ta'aruf Siswa Madrasah Peserta Didik Baru MAN 4 Balangan Tahun Pelajaran 2021/2022 saya nyatakan ditutup," pungkasnya.

 

Acara Matsama di MAN 4 Balangan Berlangsung selama tiga hari pada tanggal 12 s.d 14 Juli 2021 dan mengangkat tema Menciptakan Generasi Kreatif, Religius,dan nasionalis yang Berakhlak Karimah Menuju Madrasah Hebat Bermartabat. Metode yang digunakan adalah moda blended, yaitu daring, luring dan offline terbatas.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments