Ka.Kankemenag Dukung Madrasah Menyelenggarakan Pendidikan Mandiri

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Muhammad Yamani, M.Pd.I menyatakan dukungannya bagi madrasah swasta untuk mendirikan penyelenggaraan pendidikan sendiri terutama bagi sekolah filial.

 

"Sekolah filial atau sekolah binaan merupakan sekolah yang dibina dengan arah menuju penegerian, karenanya apabila sekolah itu belum menyelenggaraan pendidikan atas nama madrasahnya sendiri, proses penegerian akan terhambat," ujarnya saat menerima kunjungan Ketua Yayasan Madrasah Al Majidiyah Tariwin di ruang kerjanya, Selasa (6/7/21).

 

Hal paling menonjol bagi madrasah yang belum berdiri sendiri adalah nama madrasah yang terpampang pada ijazah kelulusan adalah nama madrasah pembina meskipun pada dasarnya madrasah yang dibina telah memenuhi syarat dalam hal jumlah guru, murid, serta ketersediaan lahan dan bangunan.

 

"Selain itu, madrasah tidak akan bisa menyusun dana DIPA sendiri dan hanya menggantungkan bantuan dari dana BOS," tambahnya.

 

Terkait hal tersebut, Ketua Yayasan Madrasah Al Majidiyah Tariwin Abdul Majid menyampaikan maksud kunjungannya untuk menanyakan prosedur penyelenggaraan pendidikan sendiri pada Madrasah Tsanawiyah Satu Atap (Satap) Tariwin agar keberadaan madrasah tidak tenggelam ditelan madrasah pembina.

 

"Dahulu saat masih berdiri sendiri, meski berstatus swasta madrasah kami tetap bisa mengajukan bantuan ke daerah. Siswa yang memperoleh rangking tiga terbaik besar saat lulus juga mendapatkan beasiswa. Namun setelah menjadi sekolah filial, sekolah kami dianggap tidak ada dan tidak bisa memperoleh bantuan apa-apa," ujarnya.

 

Untuk bisa menyelenggaraakan penyelenggaran pendidikan sendiri, Abdul Majid telah mendapatkan akta notaris tentang pengesahan Pendirian Badan Hukum Yayasan Madrasah Al Majidiyah Tariwin. Setelahnya, Majid meminta surat rekomendasi kepada Kepala Kemenag Balangan untuk selanjutkan diteruskan ke lembaga yang lebih tinggi.

 

"Setelah madrasah kami diakui untuk menyelenggarakan pendidikan sendiri, selanjutnya kami akan memproses penegerian madrasah. Semoga semua urusan lancar," harapnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments