Ka.Kankemenag Harap FKUB Perkuat Moderasi Beragama Umat

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Muhammad Yamani, M.Pd.I menyatakan bahwa Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) memiliki peranan penting bukan hanya dalam hal menjaga kerukunan, namun juga menanamkan moderasi beragama dan toleransi bagi umat binaannya.

 

"FKUB merupakan mitra strategis Kemenag dalam mewujudkan moderasi beragama untuk mencegah potensi konflik, baik itu konflik ekternal maupun internal dalam satu agama," ujarnya saat memberikan arahan dalam Rapat Bulan FKUB Kab. Balangan yang digelar di gedung FKUB, Kamis (1/7/21).

 

Selain menjalin kerjasama dengan Kemenag, FKUB diharapkan juga bersilaturahmi dengan pemerintah daerah selaku pemangku kepentingan di daerah yang selama ini bertindak sebagai pengawal segala kegiatan keagamaan dan kerukunan yang telah terbentuk di masyarakat.

 

"Harus selalu kita tanamkan prinsip dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Jangan abaikan pimpinan yang ada agar suasana harmonis tidak hanya terbangun sesama umat beragama, namun juga antara umat beragama dan pemerintah," ungkapnya.

 

Terakhir Yamani meminta kepada FKUB untuk ikut mengawal pelaksanaan protokol kesehatan dan membina umat tentang pentingnya penerapan prokes bukan hanya dari sisi kesehatan, namun juga dari sudut pandang keagamaan.

 

"Saya harapkan partisipasi FKUB dalam menjaga dan menjalankan secara pribadi pelaksanaan prokes serta melaksanakan vaksinasi agar bisa menjadi contoh bagi umat beragama di daerah sebagai upaya pencagan dan penurunan angka covid di Kab. Balangan." pungkasnya.

 

Dalam rapat tersebut diambil keputusan tentang akan dilaksanakannya pembinaan moderasi beragama bagi 50 siswa di Kab. Balangan dari berbagai lapisan agama dan masyarakat yang akan digelar dalam waktu dekat.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments