Ka.Kankemenag Harap Ketua FKUB Terpilih Miliki Tiga Syarat Dasar

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H.Muhammad Yamani, M.Pd.I menuturkan bahwa Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kab. Balangan memiliki peranan penting dalam rangka menciptakan, mengkondisikan serta menjaga kerukunan dan keharmonisan di daerah, sehingga diharapkan yang menjadi Ketua FKUB adalah orang yang memiliki tiga syarat dasar yaitu mau, mampu dan sosial.

 

"Mau disini artinya memang bersedia untuk memimpin. Sedangkan mampu maksudnya memiliki kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Sementara sosial adalah sifat dasar yang harus dimiliki pemimpin agar bisa bersosialisasi dengan semua kelompok masyarakat serta pemimpin lembaga lainnya. Pemimpin ideal FKUB yang terpilih nantinya diharapkan memiliki tiga syarat minimum tersebut," ujarnya saat memberikan masukan dalam acara pemilihan Ketua FKUB Kab. Balangan Periode 2021-2025 di Araudah Resto wan Waterpark, Kamis (29/7/21).

 

Yamani juga menceritakan bahwa selama ia menjabat sebagai Kepala Kemenag di beberapa Kabupaten, FKUB Kab. Balangan adalah FKUB yang paling aktif karena selalu melangsungkan rapat bersama setiap satu bulan sekali.

 

"Sehingga apabila ada isu, permasalahan serta kesalahpahaman yang timbul, maka bisa diselesaikan segera tanpa berlarut-larut. Kita ketahui bersama pula daerah kita Balangan cukup menantang dengan wilayah yang begitu luas. Kami dari Kemenag Balangan tentu akan merasa lelah apabila bekerja sendiri, karenanya turun tangannya FKUB dalam mengawal kerukunan beragama di daerah sangat banyak memberikan bantuan," tambahnya.

 

Terakhir Yamani berpesan demi terciptanya keharmonisan antara pemerintah daerah (Pemda) dan FKUB, maka diharapkan FKUB bisa menyamakan irama dengan pemerintah yang ada agar organisasi tetap berjalan dan program yang dirancangkan bisa terlaksana.  "Keberadaan FKUB tidak lepas dari pemda, baik dalam hal pendanaan maupun pembuat kebijakan. Semoga dalam pergantian ketua FKUB ini, ketua FKUB terpilih bisa tetap melanjutkan silaturahim yang ada baik dengan masyarakat maupun dengan pemerintah di daerah," harapnya.

 

Dalam rapat tersebut hadi pula Plt. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan politik (Kesbangpol) Drs. Abdul Syukur, MM. Sementara hasil rapat memutuskan bahwa yang terpilih sebagai Ketua FKUB Kab. Balangan periode 2021 - 2025 adalah Supriyadi, melanjutkan tugas kepemimpinannya mengingat Supriyadi sendiri adalah ketua FKUB Kab. Balangan Periode 2017 - 2021 yang dipilih secara aklamasi.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments