Ka.Kankemenag Harap Pelaksanaan Qurban Disiplin Prokes

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Muhammad Yamani, M.Pd.I meminta agar pelaksanaan penyembelihan qurban yang akan dilaksanakan oleh karyawan Kemenag Balangan tahun ini bisa berlangsung disiplin sesuai dengan aturan yang termaktub dalam Surat Edaran (SE) Menteri Agama No. 16 Tahun 2021.

 

"Mengingat tahun ini kita menjalankan ibadah qurban di masa pandemi, maka ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian penting dalam pelaksanaannya, seperti waktu penyembelihan, prosedur penyembelihan, dan sistem pembagian daging kurban," ujarnya saat memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Balangan di Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan, Senin (19/7/21).

 

Mengenai waktu penyembelihan menurut Yamani, dianjurkan agar tidak melangsungkan penyembelihan usai sholat Idul Adha karena ditakutkan akan menimbulkan kerumunan masyarakat. Sehingga waktu melangsungkan Qurban adalah pada hari Tasyrik tanggal 11, 12, atau 13 Dzulhijjah. "Untuk Kantor Kemenag Balangan kita sepakati bersama bahwa Qurban akan dilangsungkan pada hari Kamis, 21 Juli 2021 di halaman kantor Kemenag Balangan," tambahnya.

 

Terkait prosedur penyembelihan, Yamani berharap agar petugas penyembelih memperhatikan dengan sungguh-sungguh kebersihan alat yang digunakan untuk menyembelih dan tidak gunakan secara bergantian."Pastikan betugas yang melakukan penyembelihan harus menggunakan masker, pakaian lengan panjang dan sarung tangan selama di area penyembelihan, serta tidak menyentuh mata, hidung mulut dan telinga selama prosesnya," terangnya.

 

Selanjutnya tentang sistem pembagian daging kurban, Yamani meminta agar daging kurban bisa diantarkan langsung ke rumah para penerima. "Kalau memang tidak bisa, lakukan sistem shift pengambilan, pokoknya harus kita pastikan bersama agar kerumunan tidak timbul di tempat penyembelihan," imbuhnya.

 

Yamani lebih jauh menjelaskan bahwa tahun ini karyawan Kemenag Balangan akan berkurban empat ekor hewan sapi. Selain itu, Bank Syariah Indonesia juga akan menghadiahi 2 ekor kambing yang waktu penyembelihannya akan tetap dilakukan di hari yang sama.

 

"Semoga tahun ini penyelenggaraan ibadah kurban, baik di kemenag Balangan maupun yang berlangsung di lingkungan masyarakat, bisa berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," harapnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments