Kasi Penmad Pinta Madrasah Siapkan Siswa Ikuti KSM

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Rahmadi, S.Pd.I MM meminta kepada para guru di madrasah agar menyiapkan para siswanya yang akan mengikuti Kompetensi Sains Madrasah (KSM) sebaik-baiknya.

 

"Setelah Pendaftaran KSM Satuan Pendidikan ditetapkan di madrasah masing-masing pada tanggal 21 - 30 Juni 2021, selanjutnya pendaftaran KSM Tingkat Kabupaten dibuka mulai tanggal 5 s.d 26 Juli 2021 melalui pendaftaran online di rumah peserta atau tempat yang representatif terkait sinyal dan PC yang digunakan," ujarnya saat dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Senin (12/7/21).

 

Selanjutnya menurut Rahmadi uji coba tingkat kabupaten akan diadakan pada tanggal 14-16 Agustus  2021 untuk mengecek kelayakan jaringan dan portal, hingga kemudian pada tanggal 21 - 23 Agutus 2021 KSM Tingkat Kabupaten akan dilaksanakan setelah Kankemenag Balangan memverifikasi peserta yang sudah didaftarkan oleh madrasah.

 

"Tiga siswa terbaik tiap bidang studi yang dilombakan sebagai hasil seleksi KSM Kabupaten Balangan akan menjadi peserta KSM Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang dilaksanakan pada 18 – 20 September 2021 . Kemudian 1 orang siswa terbaik tiap provinsi per bidang studi akan mengikuti KSM Nasional yang akan dilaksanakan pada 23 Oktober 2021," terangnya.

 

Terkait tingkat satuan pendidikan yang boleh mengikuti lomba, Rahmadi menyampaikan bahwa kompetensi tidak terbatas hanya kepada madrasah, namun juga sekolah yang berada di bawah naungan dinas pendidikan mulai dari tingkat MI/SD, MTs/SMP dan MA/SMA.

 

"Sementara bidang mata pelajaran yang dilombakan untuk MI/SD adalah Matematika Terintegrasi dan IPA Terintegrasi, tingkat MTs/SMP yaitu Matematika Terintegrasi, IPA Terintegrasi dan IPS Terintegrasi, sedangkan untuk tingkat MA/SMA yaitu Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi dan Geografi Terintegrasi," jelasnya.

 

Meksipun sekarang sedang dalam situasi pandemi, Rahmadi mengharapkan guru bisa menyiapkan para murid untuk mengikui kompetensi baik dalam hal pemberian asupan materi secara daring atau luring maupun dalam hal persiapan jaringan saat akan mengikuti lomba nanti.

 

"Mengkaji dari pengalaman tahun kemarin, Balangan sendiri cukup disegani dan diperhitungkan dalam KSM tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. Saya berharap tahun ini kita kembali bisa meraih prestasi setinggi-tingginya demi membawa nama harum daerah," tutupnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments