Kemenag Balangan Bentuk Kepengurusan APRI 2021 - 2025

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Balangan melalui Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam membentuk kepengurusan Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Balangan Periode 2021 - 2025.

 

Kasi Bimas Islam Kemenag Balangan Drs. H. Wahid Noor Fajeri menyatakan keputusan pembentukan APRI diambil usai mengikuti rapat konsolidasi yang dilaksanakan oleh Bimas Islam Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Kalsel. "Dalam rapat tersebut diambil kesepakatan pembentukan APRI yang diawali dengan pembentukan APRI Kabupaten/Kota dan ditindaklanjuti dengan pengokohan APRI Kalsel," ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya pada Senin (5/7/21).

 

Wahid menuturkan bahwa di Balangan sendiri telah ada kepengurusan penghulu yang bernama Kelompok Kerja Penghulu (Pokjahulu). Sehingga untuk kepengurusan APRI yang dibentuk adalah pembaharuan dari kepengurusan Pokjahulu dengan penambahan seksi-seksi baru di dalamnya.

 

"Pembentukan APRI merupakan titik awal membangun pondasi rumah besar yang menyatukan para penghulu Indonesia dalam satu wadah sehingga tidak ada lagi organisasi profesi penghulu lainnya yang terbentuk dan berdiri sendiri-sendiri," ungkapnya.

 

Wahid lebih lanjut menyatakan bahwa keberadaan APRI menjadi secercah harapan bagi penghulu di Indonesia sebagai wadah peningkatan kompetensi, integritas, tempat diskusi menyelesaikan berbagai persoalan, saling mengingatkan, serta merajut ukhuwah antar penghulu di Indonesia.

 

"Semoga dengan terbentuknya APRI, maka keberadaan penghulu lebih dilindungi dan dapat menjalankan hak-hak dan kewajiban profesionalnya dengan amanah serta sebaik-baiknya," harapnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

 

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments