Kemenag Fasilitasi Pembentukan IPHI Kab. Balangan Periode 2021-2026

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan melalui satuan kerja (satker) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) memfasilitasi pembentukan pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kab. Balangan Periode 2021-2026 di Aula Asy-Syura Kantor Kemenag Balangan, Kamis (1/7/21).

 

Kepala Seksi (Kasi) PHU Kemenag Balangan Drs. H. Muhammad Fahmi Wahid, M.MPd menyampaikan bahwa pembentukan IPHI dilaksanakan mengingat kepengurusan IPHI di masa sebelumnya sudah tidak aktif lagi karena Ketua IPHI terdahulu meninggal dunia.

 

"Selain itu pada tanggal 24-25 Juli nanti akan diadakan Muktamar IPHI di Surabaya, yang mana seluruh IPHI di Indonesia akan diundang termasuk IPHI Kab. Balangan, sehingga reorganisasi pengurus IPHI harus segera dilaksanakan," ujar Fahmi dihadapan para perwakilan jemaah yang berhadir.

 

Fahmi selanjutnya menambahkan bahwa keberadaan IPHI juga penting sebagai wadah silaturahmi bagi para tokoh dan masyarakat yang telah melaksanakan jemaah haji. "Melalui IPHI juga bisa dilakukan pembinaan pasca haji agar setelah pulang dari haji, ada peningkatan amaliah dari jemaah kita agar ada keseimbangan antara duniawi dan ukhrawi," tambahnya.

 

Selain itu menurut Fahmi dengan dibentuknya IPHI, maka keberadaannya akan diakui secara resmi sehingga memungkinkan untuk mengajukan dana ke pemerintah daerah untuk melakukan kegiatan seperti pembinaan serta bimbingan pasca saji. "Tentu harus ada perencanaan matang terlebih dahulu, setidaknya satu tahun sebelumnya, sebagai wujud nyata keberadaan dan keaktifan organisasi IPHI," tuturnya.

 

Terakhir dalam kesempatan itu Fahmi menyampaikan perkenalan dirinya kepada para perwakilan haji yang berhadir mengingat dirinya baru saja dilantik sebagai Kasi PHU Kab. Balangan.

 

"Mudah-mudahan dalam satu tahun menjelang purna tugas, saya bisa maksimal menyelesaikan PR-PR terkait perhajian, termasuk agenda rapat hari ini," harapnya.

 

Acara dilanjutkan dengan pemilihan kepengurusan IPHI Kab. Balangan Periode 2021-2026 yang mana menghasilkan keputusan penunjukan H. Husin M.Ap sebagai ketua IPHI periode terbaru.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments