Menyasar Masyakarat Banua, Ka.Kankemenag Buat Video Himbauan Prokes Berbahasa Banjar

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Sebagai wujud usaha memastikan agar penerapan protokol kesehatan bisa menjangkau masyarakat di daerah terutama di Kalimantan Selatan, Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Muhammad Yamani, M.Pd.I membuat video himbauan penerapan protokol kesehatan (prokes) 5M dalam bahasa banjar.

 

"Maksud pembuatan video himbauan prokes 5M berbahasa banjar adalah agar prokes bisa menjangkau ke masyarakat secara lebih luas, terutama di pedesaaan, dan disampaikan dengan bahasa yang dekat dan dipahami warga banua dengan harapan masyarakat bisa memahami prokes karena dijelaskan dengan bahasa yang mereka mengerti," ujarnya saat dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Rabu (7/7/21).

 

Yamani selanjutnya menjelaskan bahwa hingga saat ini masih ada masyarakat daerah yang tidak mengerti seberapa pentingnya menjalankan prokes 5M, bahkan ada pula yang masih tidak memahami pandemi Covid itu apa. Meskipun berita terkait Covid lalu lalang tiap harinya di televisi, namun sebagian menganggap bahwa Covid-19 merupakan hal yang terjadi di luar daerah, jauh dari lingkungan sehingga mengira penerapan prokes adalah hal tidak yang penting selama berada di desa.

 

"Lewat penyampaian prokes berbahasa daerah, kita bisa memahamkan kepada masyarakat bahwa Covid tidak hanya terjadi di luar, namun mungkin saja ada di sekitar. Penggunaan bahasa banjar juga menjadikan kesan bahwa pemberi himbauan adalah orang banua sendiri yang pembicaraannya dianggap lebih dekat dibandingkan apabila berbicara  dalam bahasa resmi," tambahnya.

 

Pembuatan video penerapan prokes bekerja sama dengan Kepolisian Resort (Polres) Balangan sebagai leading sektor pengamanan pelaksanaan Covid-19 di daerah.

 

"Kemenag Balangan senantiasa siap berkolaborasi dengan semua lini, termasuk kepolisian, dalam upaya bersama-sama memberikan sosialisasi tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan, baik dalam bentuk spanduk, video, maupun sosialisasi tatap muka. Semoga langkah kecil ini bisa mencegah penyebaran Covid di banua kita tercinta," harapnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments