Seleksi CASN Dibuka, Ka.Subbag TU Ingatkan Jadwal Jangan Sampai Terlewat

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Sub Bagian (Ka.Subbag) Tata Usaha (TU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Harmainor, S.Pd.I MM menyampaikan bahwa seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kemenag Tahun 2021 telah dibuka, dan meminta para pendaftar untuk memastikan setiap jadwalnya.

 

"Seleksi CASN di Kemenag terbagi menjadi dua macam, yaitu seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Calon Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (CPPPK). Pendaftaran bisa dilakukan melalui situs sscasn.bkn.go.id dan dimulai dari tanggal 7 hingga 21 Juli 2021," ujarnya usai mengikuti Rapat Koordinasi Teknis Pelaksanaan Penerimaan CASN 2021 via zoom meeting di ruang kerjanya, Senin (12/7/21).

 

Harmainor menjelaskan formasi CASN Kemenag tahun 2021 tersebar pada 123 satuan kerja, termasuk di dalamnya Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan. Seleksi CPPPPK difokuskan kepada para eks Tenaga Kerja Honorer Kategori II, sedangkan pelamar CPNS dibagi dalam dua kriteria yaitu formasi khusus dan formasi umum.

 

"Sebagaimana seleksi CPNS Tahun 2019 yang lalu, setiap pelamar wajib melakukan pendaftaran secara online serta mengunggah dokumen yang dipersyaratkan. Setelah selesai, baru dilanjutkan dengan memiliki formasi, misalnya instansi Kementerian Agama, dan itu harus dipertimbangkan dengan sungguh-sungguh karena tidak akan bisa diubah lagi," jelasnya.

 

Setelah tahap pendaftaran dilalui, pengumuman hasil Seleksi Administrasi akan dijadwalkan pada 28 s.d 29 Juli 2021. Setelah dilalui masa sanggah, maka pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dilaksanakan pada 25 Agustus s.d 4 Oktober 2021.

 

"Seperti seleksi CPNS 2019, jadwal kemungkinan bisa berubah-ubah terlebih mengingat kondisi negara kita yang masih diliputi bencana Covid-19. Teknis pelaksanaan tes SKD juga masih belum dirumuskan. Namun kita harus bersama-sama meyakinkan diri, apabila pemerintah secara resmi membuka lowongan CASN, berarti semua tahapan insya Allah akan dilaksanakan sampai tuntas. Sembari menunggu tahapan selanjutnya tiba, mari persiapkan diri sebaik mungkin dengan mempelajari materi agar di kala ujian nanti bisa melakukan yang terbaik," pungkasya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments