Tingkatkan Layanan Haji, Kemenag Balangan Usul Gedung PLHUT

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada jemaah haji di Kabupaten Balangan, Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Balangan melalui satuan kerja (satker) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) mengajukan usul pembangunan gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT).

 

Program yang  asal pendanaanya bersumber langsung dari pusat melalui pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tersebut ditindaklanjuti oleh pihak petugas PHU Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Kalimantan selatan dengan menerjunkan tim verifikasi berkas kelengkapan syarat serta lahan tempat gedung PLHUT direncanakan akan berdiri.

 

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Balangan Drs.H. Muhammad Fahmi Wahid, M.MPd yang mendampingi proses verifikasi menuturkan bahwa Kemenag Balangan bisa melakukan pengusulan gedung PLHUT karena status lahan tempat gedung Kantor Kemenag berdiri bersertifikat Kementerian Agama.

 

"Selain itu, luas lahan juga memenuhi syarat paling sedikit 21 m x 16 m atau tiga ratus tiga puluh enam persegi," ujarnya pada Selasa (29/6/21).

 

Sementara syarat berkas dokumen yang harus disiapkan cukup banyak seperti foto kondisi ruang pelayanan eksisting, peta situasi, surat rekomendasi Dinas Tata Ruang, surat usulan dari Kepala Kantor Kemenag Balangan kepada Kakanwil, Surat Pernyataan Kepala  Kantor Kemenag Balangan, dan surat pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (bermaterai).

 

“Setelah dipastikan dokumen yang diminta telah lengkap dan benar, maka dokumen tersebut akan di upload oleh petugas Bidang PHU Kanwil Kemenag Kalsel,” tambahnya.

 

Fahmi menyampaikan rasa bahagia dan bangga dengan adanya survey terhadap perencanaan dan pembangunan gedung PLHUT di Kab. Balangan karena apabila usul pembangunan gedung PLHUT disetujui, maka manfaat yang bisa didapatkan akan sangat besar terutama bagi masyarakat yang ingin mendaftar haji maupun kepada jamaah haji itu sendiri.

 

"Mudah-mudahan dengan disetujuinya usul dan berdirinya gedung PLHUT nantinya, maka pelayanan kepada calon jamaah haji bisa ditingkatkan secara maksimal dan semoga realisasi bisa cepat segera dilaksanakan," pungkasnya.

 

Teks: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments