Berikan Pemahaman Pendewasaan Usia Nikah, Bimas Islam Gelar Bimbingan Pra Nikah

 



Sebagai upaya meningkatkan kualitas keluarga di kalangan masyarakat, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan melalui Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kantor menggelar Bimbingan Perkawinan Pra Nikah bagi Usia Remaja di  Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan, Rabu  (22/09/22).

 

Kepala Seksi (Kasi) Bimas Islam Drs.H. Wahid Noor Fajri mengungkapkan bahwa subtansi dari kegiatan ini adalah dalam rangka memberikan pemahaman kepada remaja, khususnya pelajar setingkat MA/SMA untuk membekali para pelajar mempersiapkan pernikahan serta mendewasakan usia nikah.

 

"Karena masih banyak ditemukan data yang menunjukkan bahwa angka percerain di daerah tinggi dikarenakan kurang siapnya pasangan berumah tangga. Karenanya pelatihan ini dibuat agar bagaimana para pasangan pengantin, khusunya wanita agar benar-benar siap terutama dalam hal menjaga kesehatan alat reproduksi," jelasnya.

 

Lebih jauh menurut Wahid, dalam pelatihan diberikan juga pemahaman bahwa pernikahan yang terlalu dini bisa memicu beberapa masalah seperti kematian ibu hamil serta terjadinya stunting pada bayi. "Stunting adalah gagal tumbuh pada bayi atau anak yang terlambat perkembangannya, seperti tinggi badan yang lambat, berat badan yang kurang memadai, serta daya fikir yang lamban. Hal ini bisa kita cegah bersama dengan memberikan pemahaman kepada remaja agar bersama-sama mendewasakan usia nikah sebelum berumah tangga," tambahnya.

 

Sementara Ketua Pelaksana bimbingan Perkawinan Pra Nikah bagi  Usia Remaja, H Syamsul Arifin mengatakan kegiatan ini berfokus kepada siswa siswi yang masih tergolong dalam usia remaja demi pentingnya menjaga diri terhadap pergaulan dalam rangka  menyosong kehidupan lebih baik .

 

"Diharapkan nantinya, yang menjadi suami isteri adalah orang yang benar-benar siap berumah tangga, pasangan yang sehat, cerdas dan bisa diandalkan, serta berkualitas bagi masyarakat," tutupnya.

 

Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah bagi  Usia Remaja tahun ini diselenggarakan pada tanggal 22 s.d 23 September 2021 yang dibagi menjadi 2 angkatan. Angkatan pertama dilakukan pada tanggal 22 September 2021 dan angkatan kedua di tanggal 23 September 2021.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments