Lantik Sejumlah Penghulu, Ka.Kankemenag Harap Kualitas Pelayanan Pernikahan Semakin Baik

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Muhammad Yamani, M.Pd.I berharap kualitas pelayanan pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan di Kab. Balangan bisa ditingkatkan menjadi lebih baik dengan dilantiknya sejumlah pejabat menjadi Penghulu Fungsional.

 

Mengutip dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Permenpan RB) Nomor 9 Tahun 2019 tentang Jabatan Fungsional Penghulu, Muhammad Yamani menyatakan bahwa tugas dan fungsi seorang penghulu sejatinya bukan sekedar melaksanakan kegiatan pelayanan dan bimbingan nikah atau rujuk, namun lebih dari itu.

 

"Seorang penghulu juga bertugas melaksanakan pengembangan kepenghuluan seperti koordinasi dan sosialisasi tentang perkawinan serta bimbingan masyarakat Islam seperti pembelajaran bimbingan masyarakat Islam dan pembinaan masyarakat Islam," ujarnya usai melantik lima orang pejabat Fungsional Penghulu di Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan, Senin (27/9/21).

 

Dalam acara yang dihadiri oleh seluruh kepala KUA Kecamatan di Kab. Balangan tersebut, Muhammad Yamani berpesan kepada ASN yang dilantik agar bisa segera menghadap ke pimpinan tempat bekerja dan beradaptasi sesegeranya sehingga segala hal menyangkut tugas dan fungsi selaku penghulu bisa segera dilaksanakan dan disesuaikan dengan kondisi daerah serta jumlah karyawan yang bertempat di kantor KUA.

 

"Dengan bertambahnya personil, bertambah pula kualitas pelayanan yang bisa diberikan di KUA Kecamatan di Kab. Balangan. Semoga menjadi ladang ibadah kita semua terutama dalam hal pengembangan dan syiar agama Islam," tutupnya.

 

Adapun lima ASN yang dikukuhkan sebagai Penghulu Fungsional dalam pelantikan tersebut adalah H. Syamsul Arifin, S.Ag. M.Fil.I yang ditempatkan di KUA Kec. Lampihong, Ahmad Rizani, S.H.I dengan penempatan KUA Kec. Halong, Ahmad Irpani, S.Sos.I di KUA Kec. Batumandi, Arifin, S.Sos dengan penempatan KUA Kec.Juai serta Khairudin, S.Sos.I yang ditempatkan di KUA Awayan.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments