Adakan Bimtek Tata Surat, Ka.Subbag TU Harap Peserta Pahami Cara Pengarsipan yang Benar

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Sub Bagian (Ka.Subbag) Tata Usaha (TU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Harmainor, S.Pd.I, MM mengatakan bahwa Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Persuratan dan Kearsipan penting karena masih banyak pengelola TU di instansi yang masih menerapkan tata kearsipan tradisi lama yang sebenarnya sudah tidak baku lagi dan perlu dilakukan pembaharuan.

 

"Kegiatan Bimtek ini adalah salah satu wujud komitmen Kemenag Kab. Balangan untuk berusaha membenahi tata persuratan dan kearsipan, yang mana ada tradisi lama dalam persuratan yang sudah tidak berlaku lagi dan harus diganti, bahkan ada pula instansi yang sama sekali belum menerapkan pengarsipan data, sehingga perlu diadakan penyeragam persepsi tentang bagaimana tata cara pengarsipan yang benar," ujarnya saat mengikuti acara Bimbingan Teknis Tata Persuratan dan Kearsipan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan di Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan pada Rabu (27/10/21).

 

Harmainor berharap para peserta yang berasal dari staf Kantor Kemenag Balangan, Kantor Urusan Agama (KUA) serta madrasah negeri dan swasta di lingkup Kemenag Balangan yang mengikuti bimtek ini bisa mengambil ilmu yang diberikan oleh pemateri untuk diterapkan di lingkungan kerja masing-masing.

 

"Semoga yang menerima ilmu juga bisa mentransfer kepada kawan-kawan lain sehingga madrasah yang tidak ikut serta akan tetap menerima imbas positif dari kegiatan ini," harapnya.

 

Senada dengan hal tersebut, Kepala Kankemenag Kab. Balangan Drs. H. Muhamamd Yamani, M.Pd.I menyatakan bahwa arsip adalah bagian tak terpisahkan dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan harus dikelola dengan baik.

 

"Manfaat pengarsipan yang baik dan benar adalah untuk mencegah kehilangan data serta meningkatkan keamanan. Pengelolaan arsip yang baik akan mengamankan informasi yang ada di suatu lembaga dan mempermudah dalam proses pencarian kembali apabila sewaktu-waktu dibutuhkan," tuturnya.

 

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Rahmi Fadli, S.Sos menyampaikan bahwa maksud kegiatan ini adalah untuk memberikan bekal pedoman yang resmi bagi satuan kerja dalam penciptaan surat dinas di satuan kerja Kemenag Kab. Balangan sehingga dapat diselarasakan dengan sistem tata persuratan Kemenag, serta untuk memberikan pemahaman dalam mempedomani kearsipan yang baik dan benar.

 

"Tujuan utama dari bimtek ini adalah untuk mewujudkan tata persuratan yang selaras dengan pedoman resmi pada tata naskah dinas Kemenag Balangan dan pengelolaan arsip yang baik di lingkungan Kemenag Kalangan," pungkasnya.

 

Bertindak dalam acara tersebut selaku pemateri adalah Kepala Bidang Pengelolaan dan Perizinan Penggunaan Arsip Dinas Perpustakaan H. Pahrudin, S.Pt ,M.AP dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Balangan Tamrin.

 

Disampaikan dalam penjelasan materi terkait perbedaan arsip statis dan dinamis, pemilihan kertas surat yang benar, serta strategi menjaga agar arsip tidak cepat rusak. Di akhir kegiatan dilakukan praktik cara pengarsipan surat dan dokumen ke dalam box arsip yang nantinya akan dimasukkan ke dalam lemari arsip.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments